Bertambahnya jumlah pengguna internet di Inndonesia membuat persaingan antar
penyedia jasa layanan internet atau biasa disebut Internet Service Provider
semakin ketat. Speedy sebagai salah satu Internet Service Provider dari PT
Telekomunikasi Indonesia Tbk tidak terlepas dari masalah persaingan yang
semakin lama semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi
positioning dan pelayanan yang diberikan oleh Speedy melalui perceptual
mapping dengan metode Multidimensional Scaling. Perceptual mapping yang
dihasilkan dapat memberikan informasi tentang gambaran posisi Speedy pada
pasar Internet Service Provider serta keunggulan dan kelemahan Speedy
berdasarkan atribut.
Dari identifikasi atribut diperoleh empat belas atribut. Dari empat belas atribut
tersebut kemudian dianalisis dengan analisis faktor sehingga menjadi enam atribut.
Enam atribut tersebut adalah promo, kecepatan, customer service & merek, harga,
konektivitas dan kuota. Merek yang dianalisis sebanyak delapan merek yaitu
Speedy, IM2, AHA, Telkomsel Flash, Three, Smartfren, XL dan Axis.
Selanjutnya atribut dan merek tersebut digunakan untuk analisis persepsi dan
preferensi pelanggan. Dari pengolahan data persepsi ini selanjutnya akan
didapatkan perceptual map antar Internet Service Provider. Dengan perceptual
map ini nantinya dapat diketahui posisi Speedy saat ini di pasar serta posisi merek
Internet Service Provider lainnya di pasar. Perceptual map tersebut selanjutnya
diolah kembali berdasarkan enam atribut yaitu promo, kecepatan, customer
service dan merek, harga, konektivitas dan kuota berdasarkan preferensi
pelanggan. Dari pengolahan preferensi ini nantinya akan didapatkan atribut-atribut
apa saja yang dipreferensikan unggul dan atribut yang tidak dipreferensikan
unggul oleh pelanggan.
Hasil pengolahan data menunjukan bahwa Speedy dipersepsikan mirip dengan
IM2. Serta dari enam atribut yang dianalisis, Speedy dipreferensikan unggul pada
empat atribut yaitu kecepatan, harga, konektivitas dan kuota. Sedangkan Speedy
tidak dipreferensikan unggul pada dua atribut lainnya yaitu promo, kecepatan,
customer service dan merek. Berdasarkan hasil atribut tersebut disusunlah
beberapa rumusan rekomendasi sebagai usulan perbaikan dan peningkatan yang
dapat dilakukan Speedy untuk meningkatkan layanan Speedy.
persepsi, preferensi, positioning, perceptual map, multidimensional