PERENCANAAN PENYUSUNAN KOMBINASI PART NUMBER CN-235 DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA PADA MESIN RUBBER PRESS ABB PT. DIRGANTARA INDONESIA

Dian Malinda Ariyani

Informasi Dasar

112090012
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Dirgantara Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam industri pesawat terbang. Salah satu unit bisnis yang dimiliki oleh PT. Dirgantara Indonesia adalah Aerostructure. Pada Aerostructure terdapat Metal Forming Shop. Di Metal Forming Shop terdapat satu unit mesin Ruber Press ABB (ASEAN BROWN BOVERI) yaitu mesin yang digunakan untuk melakukan press forming sheet metal.
Mesin Rubber Press ABB dikatakan optimal jika memenuhi syarat utama yaitu memiliki sisa space minimal di setiap cycle. Pada keadaan aktual, mesin Rubber Press khususnya tray A dalam melakukan forming masih menyisakan space rata-rata 40% dari kapasitas tray. Tujuan penelitian ini adalah meningkatan utilitas tray A agar dapat meminimalkan sisa space, dengan cara mengkombinasikan part CN-235 pada mesin Rubber Press ABB menggunakan Algoritma Genetika. Algoritma Genetika merupakan algoritma optimasi yang cocok untuk masalah kombinatorial dan ruang masalah yang besar.
Pada hasil penelitian, part yang dijadwalkan untuk dikerjakan tiga hari dapat dioptimalkan menggunakan algoritma genetika sehingga diperoleh total penggunaan tray sebanyak 30 tray (24 tray untuk jenis material T0 dan 6 tray untuk jenis material T3) dengan rata-rata sisa space untuk setiap tray kurang dari 23,23% kapasitas tray. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga berupa model penempatan part pada tray sehingga memudahkan operator dalam meletakkan part ke dalam tray.
Ruber Press ABB, Optimal, Algoritma Genetika.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERENCANAAN PENYUSUNAN KOMBINASI PART NUMBER CN-235 DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA PADA MESIN RUBBER PRESS ABB PT. DIRGANTARA INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dian Malinda Ariyani
Perorangan
Rino Andias Anugraha, Widia Juliani.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini