PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DAN PERSYARATAN LAIN DI PERUSAHAAN BATIK MAHKOTA UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 4 DAN 5 ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING

zuhaida

Informasi Dasar

112090040
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan Batik Mahkota adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri batik. Batik Mahkota bertekad untuk menjadi perusahaan yang maju di bidangnya dengan berupaya memberikan kualitas yang baik kepada pelanggan. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 adalah suatu sistem penjaminan mutu yang dapat diterapkan perusahaan Batik Mahkota dengan cara standarisasi proses yang ada di perusahaan. Dengan standar proses yang diterapkan, diharapkan akan menghasilkan kualitas produk yang dihasilkan. Hal yang menjadi dasar untuk mendukung kesuksesan perusahaan adalah dengan mengelola manajemen perusahaannya dengan baik, yaitu dengan memenuhi persyaratan dokumentasi. Untuk itu Batik Mahkota perlu memenuhi klausul 4 dan 5 ISO 9001:2008. Standar mutu ISO 9001:2008 ini mensyaratkan dokumen-dokumen untuk mendukung penerapannya.

Dalam merancang dokumen yang di syaratkan ISO 9001:2008 untuk Batik Mahkota, digunakan beberapa data, antara lain kondisi perusahaan saat ini, data klausul 4 dan 5 ISO 9001:2008, dan data mitra benchmarking. Data tersebut akan digunakan untuk menganalisis kondisi perusahaan terhadap requirement klausul ISO 9001:2008 dan diolah dengan menggunakan metode benchmarking. Analisis kondisi perusahaan terhadap requirement klausul ISO 9001:2008 dilakukan untuk mengidentifikasi gap untuk menetapkan rancangan apa yang perlu diusulkan untuk perusahaan. Selanjutnya, dilakukan perbandingan antara Sistem Manajemen Mutu perusahaan dengan perusahaan mitra benchmarking.

Rancangan dokumen yang diusulkan meliputi SOP dan persyaratan lain yang menjadi requirement klausul 4 dan 5 ISO 9001:2008. Rancangan ini diharapkan dapat memberi perbaikan untuk Sistem Manajemen Mutu di perusahaan Batik Mahkota. Kata kunci: Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2008, Benchmarking

Subjek

SERVICE MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DAN PERSYARATAN LAIN DI PERUSAHAAN BATIK MAHKOTA UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 4 DAN 5 ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

zuhaida
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti, Ir., M.Eng.; Sri Widaningrum, Ir., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini