Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Sumber Daya Manusia di Bidang Machinery and Laboratory PT Dirgantara Indonesia dengan Metode Waterfall

Rayinda Pramuditya Soesanto

Informasi Dasar

112090083
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Decision Support System merupakan suatu sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mendukung keputusan suatu organisasi. PT Dirgantara Indonesia (Persero) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri pesawat terbang. Dalam kegiatannya, PT Dirgantara Indonesia melalui Bidang Machinery and Laboratory yang terdapat di Departemen Maintenance bertugas untuk menjamin keberlangsungan operasi Direktorat Produksi berjalan dengan baik. Namun dalam kenyataannya dalam melaksanakan kegiatan operasional, seringkali pekerjaan yang dilakukan karyawan tidak sesuai dengan latar belakang keahlian karyawan dan juga adanya ketergantungan supervisor ketika melakukan penugasan pekerjaan terhadap beberapa karyawan. Tidak adanya evaluasi kompetensi karyawan menyebabkan supervisor kesulitan dalam menentukan penugasan karyawan. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan operasional sehari – hari tidak terdapat penilaian kompetensi karyawan di dalam Bidang Machinery and Laboratory danini menyebabkan keputusan yang diambil oleh supervisor bersifat subjektif.

Metode waterfall digunakan untuk pengembangan sistem. Sistem ini berbasis web PHP dengan menggunakan framework CodeIgniter dan MySQL sebagai database sehingga memudahkan pengembangan lebih lanjut terhadap sistem. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox dan user acceptance test.

Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem yang memiliki fungsi untuk mendukung keputusan di Bidang Machinery and Laboratory. Fungsi utama sistem ini adalah sistem dapat mendukung keputusan supervisor untuk menentukan karyawan yang akan ditugaskan dan juga membantu untuk melakukan perhitungan assessment. Terdapat juga fitur yang berhubungan dengan data sumber daya manusia seperti data karyawan, struktur organisasi dan daftar pekerjaan. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa fungsi yang dibuat telah sesuai dengan harapan user. Penggunaan metode profile matching dalam perhitungan gap nilai kompetensi dan penggunaan Hungarian method dalam menentukan penugasan dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut.

Decision Support System (DSS), PT Dirgantara Indonesia, Assignment, Assessment.

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Sumber Daya Manusia di Bidang Machinery and Laboratory PT Dirgantara Indonesia dengan Metode Waterfall
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rayinda Pramuditya Soesanto
Perorangan
Amelia Kurniawati S.T, M.T; Nia Ambarsari S.Si, M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini