Usulan Perbaikan Kualitas Layanan Daily Deals GooDizz PT.Infomedia Nusantara Menggunakan Quality Function Deployment

Adela Nurcahyo Pamungkas

Informasi Dasar

112090085
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan semakin meningkatnya aktivitas jual beli secara online maka lahirlah suatu konsep bisnis baru yaitu daily deals. GooDizz adalah situs resmi layanan daily deals yang dikeluarkan oleh PT Infomedia Nusantara. Namun, seiring dengan ketatnya persaingan di bidang layanan jual beli online, PT Infomedia Nusantara perlu melakukan antisipasi, yaitu dengan mengembangkan kualitas layanan GooDizz untuk menjadi market leader terutama dalam bidang layanan daily deals.

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan layanan GooDizz yang sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode ini merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik pelayanan serta mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk memenuhinya. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi 14 True Customer Needs yang menjadi atribut kebutuhan layanan GooDizz. Proses ini telah dilakukan pada penelitian sebelumnya yang berjudul “Analisis Kebutuhan Layanan Daily Deals GooDizz PT Infomedia Nusantara menggunakan E-Service Quality dan Model Kano”. Kemudian tahap berikutnya adalah menterjemahkan atribut kebutuhan menjadi karakteristik yang dilakukan pada QFD iterasi 1, kemudian terpilih 8 karakteristik teknis prioritas berdasarkan ranking dan target pencapaian yang kemudian akan dilanjutkan pada QFD iterasi 2.

Program rekomendasi dirumuskan berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, brainstorming dengan perusahaan serta melakukan benchmark dari perusahaan pesaing. Program rekomendasi yang diusulkan dalam penelitian ini adalah menetapkan empat faktor standar agen pengiriman, terdapat enam informasi pada formulir pengiriman, waktu maksimal pemberian resi kepada pelanggan adalah dua jam setelah pengiriman barang, menentukan tigafaktor evaluasi dari merchant buyer, website menyediakan pilihan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, website menyediakan fitur buying option, terdapat template website yang dapat diakses dengan baik melalui desktop ataupun mobile, merancang sistem direct payment dalam dua proses, terdapat tiga channel pembayaran, waktu operasi customer service 24 jam dalam satu hari, customer service menggunakan tiga media untuk melayani pelanggan, mengurangi waktu tunggu pelanggan menjadi 30 detik sebelum telepon diangkat, menetapkan intensitas customer service meng-update social media sebanyak dua kali per jam, merancang empat proses pencairan saldo deposit, ketentuan mengenai saldo deposit, terdapat fitur historis transaksi, bagian perusahaan yang terkait dengan adanya dokumentasi transaksi adalah bagian keuangan, customer service, admin website, menentukan lima faktor standar untuk riset pasar potensial dalam penentuan lokasi kantor. QFD, Daily deals, Electronic Service Quality

Subjek

Services management
 

Katalog

Usulan Perbaikan Kualitas Layanan Daily Deals GooDizz PT.Infomedia Nusantara Menggunakan Quality Function Deployment
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Adela Nurcahyo Pamungkas
Perorangan
Dr. Yati Rohayati, Ir., MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini