CV Gradient merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
manufaktur dan perdagangan umum berdiri sejak tahun 1993. CV Gradient dapat
mendukung segala jenis pekerjaan manufaktur de
ngan memproduksi berbagai
macam produk seperti
mould
(plastik, alumunium, karet),
presstool, JIG&Fixture,
Sperepart,
dan
Repair.
CV Gradient berencana untuk menerapkan suatu sistem
manajemen mutu yang bersertifikasi dan diakui secara internasional agar mut
u
yang dihasilkan dapat memenuhi kualifikasi produk dan sesuai dengan permintaan
konsumen. Dalam pengimplementasian sistem penjaminan mutu perlu adanya
pendokumentasian proses salah satunya berupa prosedur terdokumentasi yang
berarti bahwa prosedur itu dit
etapkan, didokumentasikan, diterapkan dan
dipelihara. Prosedur ini dapat berbentuk
Standard Operating Procedure
(SOP)
serta kebijakan lainnya. SOP dan kebijakan lain yang dibuat dalam penelitian ini
hanya dibatasi oleh klausul 6 dan 8 ISO 9001:2008
Peranca
ngan SOP serta kebijakan dilakukan dengan mengidentifikasi hasil
requirement
dari persyaratan ISO 9001:2008 klausul 6 dan 8, kondisi eksisting
CV Gradient dan data
benchmarking
perusahaan lain (Clarion dan PT.
Cisangkan). Data tersebut digunakan untuk mela
kukan pengolahan data dengan
identifikasi
gap
yang terjadi antara
requirement
dari persyaratan ISO 9001:2008
klausul 6 dan 8 dan kondisi eksisting CV Gradient. Sedangkan analisis
benchmarking
dilakukan dengan membandingkan hasil SOP data
benchmarking
perus
ahaan lain (Clarion dan PT. Cisangkan) dengan mengidentifikasi proses
bisnis perusahaan yang menjadi mitra
benchmark
tentang cara pemenuhan
requirement
klausul 6 dan 8 ISO 9001:2008. Setelah diidentifikasi dan
dibandingkan akan didapatkan proses bisnis yan
g dapat diambil sebagai usulan
terhadap CV Gradient.
Hasil penelitian yang diperoleh untuk memenuhi persyaratan klausul 6 dan
klausul 8 ISO 9001:2008 di CV Gradient meliputi prosedur penetapan dan
penyediaan kebutuhan
mesin dan prasarana
, prosedur penetap
an dan penyediaan
kebutuhan SDM, prosedur penetapan dan penyediaan kebutuhan dana, prosedur
pelatihan karyawan, prosedur pemeliharaan prasarana, IK pemeliharaan mesin, IK
pemeliharaan kebersihan lingkungan, IK proses pengukuran kepuasan konsumen,
prosedur
pengukuran dan pemantauan proses, spesifikasi kompetensi karyawan,
dan aturan berakhirnya hubungan kerja karyawan.
SO 9001:2008, Benchmarking, Standard Operating Procedur