PERANCANGAN KEBIJAKAN DAN ANALISIS BIAYA WARRANTY SERTA MENENTUKAN KEBUTUHAN SUKU CADANG PRODUK KANABA TUMBLE DRYER K 16 S DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL KERUSAKAN SATU DIMENSI (Studi Kasus: CV HARI MUKTI TEKNIK)

ADHITYA RYAN RAMADHANI

Informasi Dasar

112090149
658.155 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dunia industri yang semakin kompetitif dewasa ini menuntut produsen untuk secara terus-menerus memberikan dukungan berupa layanan yang lebih baik kepada konsumen. Warranty telah menjadi salah satu instrumen penting dalam rangka meningkatkan pemasaran dari suatu produk. Warranty dianggap sebagai kontrak antara produsen dengan konsumen.
CV Hari Mukti Teknik merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang produksi Laundry Equipment yang ada di Yogyakarta dimana salah satu produk unggulannya adalah Kanaba Tumble Dryer K16S. Produk Kanaba Tumble Dryer K16S belum memiliki kebijakan warranty dalam penjualannya dan pihak usaha hanya memberikan garansi perbaikan 1 tahun yang didasarkan pada nota penjualan produk bukan berdasarkan data historis kerusakan produk tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan durasi warranty yang optimal, estimasi biaya warranty, menentukan kebijakan warranty yang sesuai, menentukan jumlah suku cadang yang dibutuhkan serta penentuan harga jual produk Kanaba Tumble Dryer K16S setelah adanya kebijakan warranty.
Hal pertama yang dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian adalah dengan mengumpulkan data berupa data komponen penyusun produk dan harga masing-masing komponen serta data Time to Failure produk Kanaba Tumble Dryer K16S. Selanjutnya dilakukan pengolahan data untuk mendapatkan laju kerusakan dan MTTF dari produk. Berdasarkan pertimbangan MTTF dan laju kerusakan dapat ditentukan durasi warranty yang optimal. Selanjutnya dihitung biaya warranty berdasarkan kebijakan Free Replacement Warranty, Pro-Rata Warranty, dan Combination Warranty.
Produk Kanaba Tumble Dryer K16S memiliki 3 komponen kritis yaitu komponen blower, motor dan timer. Grafik laju kerusakan setiap komponen kritis menunjukkan probabilitas terjadinya kerusakan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Berdasarkan perhitungan biaya warranty diketahui bahwa biaya Combination Warranty < Pro-rata Warranty < Free Replacement Warranty.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebijakan warranty yang sebaiknya diterapkan adalah non-renewing combination dengan durasi 0.75 tahun (9 bulan) dengan masa free replacement sebesar 0,375 tahun atau 5 bulan. Dari kebijakan dan durasi tersebut, diperoleh biaya warranty sebesar Rp 3.067.083,482 dengan jumlah suku cadang 3 buah untuk komponen blower dan timer serta 2 buah untuk komponen motor. Dan harga jual Kanaba Tumble Dryer K16S diketahui sebesar Rp 19.034.703,48. Kebijakan warranty, jumlah suku cadang, harga jual produk

Subjek

COST ANALYSIS
 

Katalog

PERANCANGAN KEBIJAKAN DAN ANALISIS BIAYA WARRANTY SERTA MENENTUKAN KEBUTUHAN SUKU CADANG PRODUK KANABA TUMBLE DRYER K 16 S DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL KERUSAKAN SATU DIMENSI (Studi Kasus: CV HARI MUKTI TEKNIK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHITYA RYAN RAMADHANI
Perorangan
Sutrisno, Ir, MSAE; Rd Rohmat Saeduddin, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini