Usulan peningkatan kualitas untuk mengurangi jumlah cacat produk pada proses sub assembly produk Bracket Sub assembly Lower Arm di PT Adyawinsa Stamping Industries dengan menggunakan metode six sigma

Desry Mae tambunan

Informasi Dasar

112090207
658.4013
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Adyawinsa Stamping Industries merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam penyediaan berbagai macam produk, khususnya produk otomotif. PT Astra Daihatsu Motor mempercayakan produksi beberapa general part yang digunakan untuk beberapa jenis mobil seperti seperti Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Toyota Avanza dan Toyota Rush kepada PT Adyawinsa Stamping Industries . Berdasarkan data perusahaan tahun 2012, produk Br acket Sub Assembly Lower Arm , merupakan produk dengan tingkat klaim yang paling tinggi diantara keseluruhan produk general part lainnya . Klaim umumnya dilakukan customer , apabila terdapat produk cacat yang sampai ke tangan customer , hal ini dapat menimbulk an kerugian bagi pihak perusahaan dan pihak customer .

Proses produksi produk Bracket Sub Assembly Lower Arm , dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu proses incoming material , proses stamping dan proses sub assembly . Tingginya tingkat ketelitian dengan wakt u pengerjaan yang sangat terbatas, membuat masih ditemukannya produk cacat pada proses sub assembly .

Dari data perusahaan ditemukan rata

rata persentase produk cac at pada tahun 2012 adalah 1,27%, h al ini jauh dari batas toleransi perusahaan yaitu sebesar 0,5% setiap bulannya untuk proses sub assembly . Oleh karena itu akan dilakukan usulan peningkatan kualitas dengan menggunakan metode six sigma untuk mengurangi jumlah produk cacat. DMAIC merupakan t ahapan dalam metode six sigma .

Dari proses define ditemukan sepuluh buah jenis cacat dan cacat spatter menjadi cacat yang paling sering ditemukan pada produk yaitu 56,81% dari total keseluruhan cacat. Dari tahap measure didapatkan level sigma proses adala h 4.406158 dengan nilai DPMO 1829,4. Pada tahap analyze di temukan 10 penyebab kegagalan produk dan diberikan usulan membuat alat pengecekan “good or no good”, membuat rencana sampling inspeksi material dan display critical point setting part dan melakukan pelatihan spot welding terhadap operator.

Six sigma , DMAIC, Assembly

Subjek

MANAGEMEN CONTROLSYSTEMS
 

Katalog

Usulan peningkatan kualitas untuk mengurangi jumlah cacat produk pada proses sub assembly produk Bracket Sub assembly Lower Arm di PT Adyawinsa Stamping Industries dengan menggunakan metode six sigma
 
mana
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Desry Mae tambunan
Perorangan
Muhammad Iqbal ST., MM; Murni Dwi Astuti, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini