ANALISIS KEBUTUHAN LAYANAN E - COMMERCE ESGOTADO DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI ELECTRONIC SERVICE QUALITY DAN MODEL KANO

M Gama Faisal Rachman

Informasi Dasar

99 kali
112101203
338.470
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan dunia internet yang pesat di Indonesia mendorong tumbuhnya bisnis toko online , salah satu toko online asal Bandung yang berdiri pada tahun 2013 adalah Esgotado. Esgotado melakukan penjualan tas melalui website resmi mereka yaitu www.esgotado.net , dalam satu tahun perjalanan usaha Esgotado , diperlukan evaluasi dari pelayanan yang telah diberikan selama setahun dan ditemukan beberapa k eluhan dari pelanggan. Hal itulah yang melatarbelakangi penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan un tuk mengidentifikasi true customer needs dari layanan pelanggan

e

commerce Esgotado menggunakan integrasi

e

SQ dan model Kano sehingga diketahui prioritas kebutuhan pelanggan untuk peningkatan kualitas layanan. Atribut kebutuhan diidentifikasi dengan melak ukan wawancara kepada pelanggan dengan memperhatikan dimensi pada

e

SQ yang menghasilkan voice of customer . Tingkat kepuasan pelanggan diukur menggunakan kuesioner

e

SQ , lalu kemampuan atribut mempengaruhi kepuasan dikategorikan menggunakan model Kano.
Berdasarkan hasil identifikasi diperoleh 31 atribut kebutuhan pelanggan

e

commerce Esgotado. Ber dasarkan hasil penelitian terdapat 14 atribut kebutuhan yang sudah mampu memenuhi harapan p ela nggan dan 17 atribut belum dapat memenuhi harapan pelanggan. Setel ah pengintegrasian

e

SQ dan model Kano dari 31 atribut, didapatkan 16 atribut yang perlu ditingkatkan ( true customer needs ) , 14 atribut dipertahankan dan satu atribut yang diabaikan.
Atribut yang termasuk dalam true customer needs perlu ditingkatkan dengan memperhatikan urutan prioritas peningkatan, dengan begitu Esgotado bisa mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk meningkatkan pelayanan dengan maksimal. Esgotado, e - SQ , M odel Kano, Atribut Kebutuhan, Layanan E - commerce

Subjek

SERVICE
 

Katalog

ANALISIS KEBUTUHAN LAYANAN E - COMMERCE ESGOTADO DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI ELECTRONIC SERVICE QUALITY DAN MODEL KANO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M Gama Faisal Rachman
Perorangan
Andika Bayu H., M.T.; Sari Wulandari, M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini