Sepinya penggunaan
i
Face
sebagai satu
satunya situs jejaring sosial di
lingkungan Yayasan Pendidikan Telkom menjadi suatu fenomena tersendiri
bagi sebuah media sosial. Prinsip yang mengusung media sosial untuk
berbagi informasi di kalangan pendidikan terlihat belum bisa diterima
oleh
pengguna yang merupakan civitas akademika. Hal ini terlihat dari kurang
populernya situs jejaring sosial ini dikalangan mahasiswa yang seharusnya
menggunakannya sebagai sarana komunikasi lokal, baik itu dalam hal
perkuliahan, diskusi atau sekedar berb
agi informasi mengenai kehidupan
sehari
–
hari. Terlebih
i
Face
telah didukung dengan fitur unik yang
seharusnya bisa menjadi daya tarik pengguna, seperti postingan yang bisa
dilakukan via sms, yang tidak dimiliki oleh jejaring sosial lain. Analisis
penguk
uran
usability
menggunakan
User Satisfaction Model
pada aplikasi
berbasis jejaring sosial
i
Face
, difokuskan pada analisis aspek
usability
aplikasi terhadap pengguna yang menikmati layanan yang ada pada jejaring
sosial tersebut. Saat ini sudah cukup banyak
teori model penerimaan
pengguna terhadap sebuah aplikasi. Salah satunya adalah model kepuasan
pengguna (
User Satisfaction
) yang
dijadikan sebagai referensi utama
penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan survey kepuasan
pengguna terhadap
i
Face
. Berdasarkan landasan teori yang ada, uji statistik
pada model kepuasan pengguna memanfaatkan teori
Structural Equation
Model
(SEM) dan
pembuatan desain rekomendasi menggunakan evaluasi
Cognitive Walkthrough
. Pembuatan desain rekomendasi dilakukan
berdasa
rkan hasil penelitian untuk memperbaiki permasalahan
usability
dari
aplikasi ini menggunakan teori
usability
Green dan Pearson User Satisfaction, Usability, i - Face, SmartPLS, SPSS, Structural Equation Model