Adaptive edu
cational hypermedia
(AEH) adalah tool pembelajaran yang menawarkan
adaptasi dan personalisasi proses belajar. Adaptasi pada pembelajaran dilakukan untuk
menyesuaikan konten dan
flow
pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Pembelajaran adaptif dan
personalisas
i pada AEH dihasilkan dari interaksi lima komponen AEH, yaitu
learner model
,
pedagogic model, domain model, adaptation model
, dan
presentation model
(antar muka dengan
siswa).
Domain model
pada AEH mengorganisasi
knowledge space
, yang berisi jaringan konse
p
atau topik, dan
hyperspace
dimana adaptasi dan personalisasi ditampilkan pada siswa
.
Pada tugas akhir ini telah dibuat
Knowledge Map
, yaitu sebuah
prototype tool domain
model
. Ada dua metoda yang diimplementasikan. Metoda pertama adalah
cognitively
orie
nted
dimana semua konsep yang diajarkan pada sebuah
course
diorganisasi dalam sebuah jaringan
konsep. Dengan metoda pertama ini siswa bisa mendapatkan gambaran dan mengeksplorasi
semua konsep pada sebuah
course
. Kekurangannya, siswa mungkin tersesat setela
h melakukan
banyak eksplorasi. Metoda kedua adalah gabungan
cognitively
oriented
dan
pedagogically
ori
ented
dimana sebuah
course
dior
ganisasi dalam bentuk hierarki topik pada
level
atas dan graf
konsep di level terbawah. Metoda ini bertujuan untuk mengatas
i kekurangan metoda
cognitively
oriented.
Sebagai bantuan navigasi, metoda
greedy
diimplementasikan untuk memandu siswa ke
konsep tertentu
.
Untuk mengetahui performansi kedua metoda, telah dilakukan uji coba kuantitatif yang
melibatkan 30 mahasiswa teknik
Telkom University. Parameter yang diuji adalah
impression
,
learnability
, dan
helpfulness
. Hasil uji coba pada parameter
impression
menunjukkan bahwa
metoda
mix pedagogic and cognitive
oriented
cenderung memudahkan siswa dalam memahami
visualisasi dalam pe
mbelajaran, pada parameter
learnability
kedua metoda mampu membantu
siswa dalam mengetahui penguasaan dan materi yang akan dipelajari namun dengan metode
mix
pedagogic and cognitive
oriented
, siswa
lebih
mampu mengetahui struktur hierarki dari setiap
level
pembelajaran, dan pada parameter
helpfulness
siswa terbantu dalam penggunaan fungsi
path of topic
dan
friends
of
friends
ketika menentukan
topik pembelajaran yang akan dipelajari.
Adaptive Educational Hypermedia, Cognitively - oriented, M ix pe dagogic and cognitive oriented , E - Learning