SIMULASI PEMBELAJARAN KATROL MEKANIK BERBASIS FLASH

SITI MAY SYAROH

Informasi Dasar

114090038
005.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada proses pemindahan barang sering menghadapi kendala yaitu kesulitan ketika memindahkan barang yang berat. Namun hal tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan pesawat sederhana yaitu katrol. Oleh karena itu,betapa pentingnya pemahaman mengenai dasar dan keuntungan mekanik katrol kepada masyarakat yang salah satunya pada siswa siswi Sekolah Menengah Pertama kelas VIII yang sedang mempelajari katrol mekanik. namun,untuk melakukan simulasi katrol biasanya siswa masih melakukan secara manual yang terbatas dengan alat yang tersedia. sehingga pada tugas akhir ini dilakukan perancangan aplikasi simulasi katrol mekanik dalam bentuk animasi dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS6 dan bahasa pemprograman Actionscript 2.0.yang memberikan pembelajaran mengenai mekanika katrol secara interaktif dan edukatif serta tanpa menggunakan alat atau bahan bantu pembentuk katrol.
Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan mencari informasi terlebih dahulu mengenai pembelajaran katrol mekanik pada siswa SMP kelas VIII melalui browsing internet, buku panduan belajar, dan saran dari Ahli yaitu guru SMP kelas VIII. Setelah itu, dilakukan pengujian alpha dengan metode pengujian black box yang berfungsi pada persyaratan fungsional dari perangkat lunak yang dibangun dan pengujian beta yang dilakukan secara objektif yaitu langsung kepada user. Pada pengujian beta untuk melakukan penelitian tingkat kegunaan aplikasi dilakukan dengan memberikan soal Test Awal, pengujian menggunakan aplikasi simulasi katrol secara langsung dan pemberian soal Test Akhir kepada responden. Dari hasil perbandingan nilai test awal dan test akhir didapat kesimpulan mengenai pemahaman responden tentang materi katrol setelah menggunakan aplikasi ini. Selanjutnya responden diberikan kuisioner untuk memberikan penilaian mengenai aplikasi simulasi katrol mekanik.
Dari hasil pengujian alpha dapat dinyatakan bahwa aplikasi berjalan semestinya dan berjalan sesuai dengan desain dan perancangan. Pada pengujian beta dengan responden sejumlah 12 orang dapat ditunjukan bahwa pemahaman responden dalam menggunakan aplikasi sebesar 66.7%, kualitas tampilan yang menilai sangat bagus sebesar 58.3%, penilaian pemahaman materi setelah menggunakan aplikasi sebesar 58.3%, dan penilaian mengenai kegunaan aplikasi yang membantu dalam proses pembelajaran sebesar 100%. Aplikasi, Actionscript, katrol, siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII

Subjek

MACROMEDIA
 

Katalog

SIMULASI PEMBELAJARAN KATROL MEKANIK BERBASIS FLASH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI MAY SYAROH
Perorangan
Purba Daru Kusuma,; Astri Novianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini