PEMBUATAN APLIKASI E-LEARNING MAINTENANCE PADA MESIN TOSHIBA BMC-100(5) DI PT DIRGANTARA INDONESIA BANDUNG DENGAN METODE WATERFALL

Muhamad Dhio Pradita

Informasi Dasar

116080047
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Dirgantara Indonesia atau disingkat PT DI adalah industri pesawat terbang pertama yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Departemen Maintenance PT DI, saat ini banyak pegawai Departemen Maintenance yang akan pensiun dan menyebabkan perlunya transfer pengetahuan mengenai keahlian/pengalaman pegawai satu ke pegawai lainnya. Transfer pengetahuan harus dilakukan untuk mengantisipasi hilangnya pengetahuan bersama pegawainya dan juga menjadi acuan bagi pegawai baru dalam mengembangkan inovasi. Oleh karena itu, Departemen Maintenance PT DI membutuhkan adanya suatu manajemen pengetahuan dalam bentuk pembelajaran elektronik (e-learning). Langkah yang dapat dilakukan oleh pihak PT DI yaitu bagaimana membuat sebuah e-learning yang dapat men-transfer pengetahuan yang dimiliki pegawainya dengan metode waterfall.

Pada pembuatan e-learning di penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode waterfall. Hal ini dikarenakan metode ini cocok dalam pembuatan produk untuk skala kecil serta tahapan dalam metode ini mengharuskan tahapan diselesaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya. Selain itu metode waterfall memungkinkan untuk dikerjakan dalam waktu yang singkat dan biaya yang terbatas.

Aplikasi e-learning Departemen Maintenance memungkinkan empat tipe pengguna untuk mengakses aplikasi, yaitu guest, member, contributor, dan admin. Aplikasi e-learning juga menyediakan beberapa fitur selain materi pembelajaran yang disajikan, seperti fitur quiz, forum, event, dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aplikasi e-learning maintenance PT DI yang telah dibuat dapat membantu pegawai Departemen Maintenance untuk men-transfer knowledge yang dimiliki pegawainya.

transfer pengetahuan, manajemen pengetahuan, aplikasi e-learning, metode waterfall.

Subjek

EDUCATIONAL TECHNOLOGY
 

Katalog

PEMBUATAN APLIKASI E-LEARNING MAINTENANCE PADA MESIN TOSHIBA BMC-100(5) DI PT DIRGANTARA INDONESIA BANDUNG DENGAN METODE WATERFALL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhamad Dhio Pradita
Perorangan
Mochamad Teguh Kurniawan, ST., MT.; Amelia Kurniawati, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini