MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN KOMPLAIN DAN ASPIRASI MASYARAKAT BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY DENGAN METODE WATERFALL DI KECAMATAN BOJONGLOA KALER

Alexander

Informasi Dasar

81 kali
116080057
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecamatan Bojongloa Kaler sebagai salah satu kecamatan di wilayah Kota Bandung merupakan tempat untuk pelayanan masyarakat. Namun, banyaknya komplain dan aspirasi dari masyarakat yang ditujukan untuk Kecamatan Bojongloa Kaler seringkali diabaikan. Berdasar kan data yang didapat, proses pengaduan komplain dan aspirasi dilakukan saat masyarakat menilai baik atau

buruknya dari kinerja pegawai

pegawai di Kecamatan Bojongloa Kaler
Proses penerimaan komplain dan aspirasi masyarakat yang ada di Kecamatan Bojonglo a Kaler ini, ternyata masih dilakukan secara manual dan memiliki banyak kekurangan, diantaranya terjadinya proses menghabiskan kertas yang banyak dalam penyampaian komplain dan aspirasi. Selain itu, pihak Kepala Kecamatan juga mengalami kerepotan dalam men anggapi komplain masyarakat yang harus datang langsung ke Kecamatan Bojongloa Kaler untuk bertemu Kepala Camat dan mendengarkan komplain dari masyarakat tersebut. Selain bertemu langsung dengan Kepala Camat, Masyarakat Bojongloa Kaler biasanya melakukan pe nyampaian aspirasi dan komplain dengan mengirim pesan singkat melalui SMS ke kontak pribadi Kepala Camat. Hal ini sebenarnya dapat mengganggu kegiatan beliau dalam beraktifitas.
Sistem Informasi penerimaan Komplain dan Aspirasi Masyarakat berbasis Web dan SMS Gateway dirancang untuk menyelesaikan permasalahan penanganan komplain dan aspirasi di Kecamatan Bojongloa Kaler. Pengembangan sistem ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall . Selain itu, perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan m odel Unified Modelling Language . Sistem ini dapat melakukan rekap banyaknya komplain dan aspirasi dari setiap divisi di kecamatan Bojongloa Kaler. Dalam proses penerimaan komplain dan

aspirasi, Kepala Camat dapat memantau kinerja para pegawai

pegawainya de ngan melihat banyaknya persentase komplain pada setiap divisi melalui web serta dapat melakukan fitur cetak laporan .
Kecamatan Bojongloa Kaler, Komplain, Aspirasi, W eb, SMS Gateway, Sistem Informasi

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN KOMPLAIN DAN ASPIRASI MASYARAKAT BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY DENGAN METODE WATERFALL DI KECAMATAN BOJONGLOA KALER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alexander
Perorangan
Nia Ambarsari, ST., MT ; Fauzan Azmii, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini