Rumah sakit adalah suatu institusi pelayanan kesehatan yang kompleks, padat profesi dan padat modal. Pelayanan rumah sakit mencakup pelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi. Pelayanan kesehatan meliputi pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, rehabilitasi medis, dan pelayanan asuhan keperawatan. Salah satu jenis pelayanan medis di rumah sakit adalah pelayanan yang dilakukan oleh unit instalasi rawat jalan.
Permasalahan yang dihadapi di intalasi rawat jalan RSUD Al-Ihsan antara lain tidak adanya back-up data dari kartu rekam medis pasien. Kondisi ini harus diberi perhatian lebih karena kartu rekam medis pasien seringkali ditemukan dalam kondisi rusak, atau bahkan tidak ditemukan sama sekali (hilang). Selain itu, seorang pasien juga bisa mempunyai lebih dari satu buah kartu rekam medis. Keadaan ini menyebabkan dokter yang memeriksa pasien tidak bisa melihat riwayat penyakit pasien, padahal data tesebut kadangkala dibutuhkan dalam mendiagnosis penyakit pasien. Masalah lain yang ditemukan adalah proses pelaporan di instalasi rawat jalan RSUD Al-Ihsan yang masih manual dan juga mengalami beberapa kendala dalam pembuatannya.
Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, akan dibangun sistem informasi rawat jalan berbasis web yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan data pasien baru, pengolahan data registrasi pasien rawat jalan, pengolahan data rekam medis, dan juga pengolahan data sensus poliklinik dan laporan pasien rawat jalan secara otomatis. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall.
Dalam implementasinya, sistem berhasil mengatasi masalah-masalah yang ada. Untuk pengembangan selanjutnya, diharapkan sistem dapat terintegrasi dengan bagian lain yang ada di rumah sakit. sistem informasi, rumah sakit, rawat jalan, rekam medis, sensus poliklinik, laporan pasien rawat jalan, metode Waterfall