Pelayanan merupakan suatu aktivitas atau serangkaian alat yang bersifat tidak kasat
mata (
tidak dapat diraba), yang terjadi akibat interaksi antara konsumen dengan karyawan
atau hal
hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan
untuk memecahkan persoalan konsumen (Gronroos, 1990 dalam Ratminto dan Winarsih,
2005).
Dalam perkembangannya proses pelayanan di instansi pemerintahan membutuhkan
pemanfaatan teknologi informasi guna mempermudah kinerja petugas terkait proses bisnis
administratif pelayanan
Web
merupakan jeni
s layanan sesuai dengan konsep
realtime
dimana pem
enuhan
kebutuhan terkait kinerja sistem dapat terpenuhi dalam suatu batasan waktu tertentu. Hal
tersebut dirasa
dibutuhkan untuk melakukan pengelolaan
administrasi pelayanan di kantor
Kecamatan Bojongloa Kaler
untuk menunjang proses bisnis yang melibatkan
beberapa
petugas atau
user
dalam pengaplikasian teknologi informasi
. Pengembangan Sistem
Informasi
Administrasi Pelayanan
ini menggunakan
metode
pengembangan sistem
waterfall.
Selain itu perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan
model
U
nified
M
ode
lling
Language
guna
merancang dan mendoku
mentasikan sistem piranti lunak dan
menawarkan
sebuah standar untuk merancang model
Dalam penelitian Tugas Akhir ini akan dikembangkan sebuah sistem yang akan
memenuhi kebutuhan pelayanan yang mengintegrasikan keb
utuhan dari tiap seksi yang ada di
kantor Kecamatan Bojongloa Kaler. Sistem informasi Administrasi Pelayanan Kantor
Kecamatan Bojongloa Kaler ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam pendataan
permohonan pelayanan. Pelayanan, Administra si Pelayanan, Kecamatan Bojongloa Kaler, Web , Sistem Informasi