Pembuatan Aplikasi Online Booking System dengan metode Prototyping-Oriented Software di Baraya Travel

Gardha Respati

Informasi Dasar

116090085
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Baraya Travel sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi antar kota yang sudah lebih dari 7 tahun beroperasi memiliki beberapa permasalahan mengenai proses pemesanan. Permasalahan utama yang didapat setelah melakukan penyebaran kuesioner kepada pelanggan adalah sebesar 19.19% responden mengatakan sering sibuknya call center ketika dihubungi. Permasalahan yang kedua adalah adanya kebutuhan dari pihak perusahaan untuk memiliki media informasi digital yang dapat diakses oleh para pelanggan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibangun sebuah website sebagai media informasi digital yang didalamnya terdapat fitur Online Booking System dengan metode Prototyping-Oriented Software sebagai cara alternatif bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket.
Penelitian ini diawali dengan mengumpulkan data terkait permasalahan apa saja yang terjadi pada proses pemesanan saat ini. Wawancara dengan manager operasional sampai menyebarkan kuesioner kepada pelanggan menjadi langkah awal untuk menemukan permasalahan yang ada. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan, selanjutnya dilakukan proses perancangan aplikasi sesuai dengan kebutuhan yang telah di dapat dengan menggunakan UML dan bahasa pemograman PHP/HMTL. Aplikasi terus menerus mengalami revisi sampai kebutuhan yang diinginkan terpenuhi. Selanjutnya aplikasi akan diuji dengan menggunakan uji fungsionalitas sistem dan feedback pengguna.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi website sebagai media informasi digital untuk perusahaan dan dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun sudah sesuai dengan perancangan sistem dan kebutuhan pengguna. Sebagian besar feedback dari pengguna menunjukkan hasil yang positif dengan dibangunnya aplikasi ini. Prototyping-Oriented Software, Booking Online Syste, Shuttle Bus

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS
 

Katalog

Pembuatan Aplikasi Online Booking System dengan metode Prototyping-Oriented Software di Baraya Travel
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gardha Respati
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo ST., MT.; Mardiyanto Prayogo ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini