PERANCANGAN OPENERP MODUL WAREHOUSE PADA GUDANG FINISHED GOOD PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE , TBK MENGGUNAKAN METODE RAD

Sonia Helena Ladasi

Informasi Dasar

116100039
650.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan teknologi informasi kini sudah menjadi perhatian bagi setiap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Beberapa perusahaan sudah mulai menggangagap bahwa teknologi informasi bukanlah sebuah bagian yang sekedar mendukung aktivitas saja, melainkan sudah menjadi ‘mesin’ bagi setiap proses bisnis yang ada di dalam perusahaan. Sistem ERP muncul karena kebutuhan perusahaan terhadap teknologi informasi sebagai solusi dalam pengambilan keputusan. Pada dasarnya, sistem ERP sangat mampu untuk mengintegrasikan, mengoptimalisasikan, dan mengkoordinasikan dengan baik seluruh fungsionalitas yang ada di dalam perusahaan.
OpenERP merupakan salah satu sistem ERP berbasis open source dan terdiri dari lebih 3572 modul yang dapat dikustomisasi sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Perangkat lunak ini sifatnya free license, cross-platform dan berbasis web. Modul OpenERP yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul warehouse management. Warehouse management merupakan manajemen gudang yang mengatur kegiatan operasional gudang sehari-hari, dimulai dari penerimaan, pengecekan , penyimpanan, pengambilan, dan pengiriman barang.
Adapun yang dikaji dalam penelitian ini adalah perancangan OpenERP modul warehouse management pada gudang finished good PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri sepatu, khususnya sepatu olahraga dan memproduksi dalam berbagai kategori dan ukuran. Gudang finished good PT. Primarindo Asia Infrastructure adalah sebuah gudang yang menerima sepatu dari bagian produksi, mengecek kualitas sepatu, menyimpan sepatu, dan kemudian mengirimkan sepatu tersebut kepada pelanggan. Begitu banyak jumlah pesanan dalam sehari dan juga aplikasi yang tidak terintegrasi dengan baik maka diperlukan sistem warehouse management berbasis OpenERP untuk membantu setiap proses bisnis yang ada di dalam gudang finished good.
Sistem warehouse management dapat mengoptimalkan setiap proses bisnis yang ada di dalam gudang finished good seperti penerimaan barang, pengiriman barang dan penerimaan barang retur dan dapat diimplementasikan dengan mudah karena prosedur konfigurasi serta kustomisasi sistem telah didokumentasikan dengan baik dalam penelitian ini. ERP, OpenERP, Warehouse Management, Finished Good, Rapid Application Development (RAD)

Subjek

COMPUTER APPLICATION FOR BUSINESS
 

Katalog

PERANCANGAN OPENERP MODUL WAREHOUSE PADA GUDANG FINISHED GOOD PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE , TBK MENGGUNAKAN METODE RAD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sonia Helena Ladasi
Perorangan
R. Wahyu Wicaksono, ST., MM; Riza Agustiansyah, ST., M.Kom
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini