MEMBANGUN MOBILE GAME SEBAGAI ASSISTIVE TECHNOLOGY UNTUK MEMBANTU MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY ISORDER (ADHD) DENGAN METODE AGILE DEVELOPMENT

Anggita Regia Marpaung

Informasi Dasar

63 kali
116104127
794.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bermain game adalah salah satu hal yang digemari oleh setiap anak-anak,termasuk anak berkebutuhan khusus. Anak yang memiliki keterbatasan membutuhkan assistive technology atau teknologi bantu dalam meningkatkan produktifitasnya.Mobile game merupakan salah satu assistive technology. Assistive technology dapat membantu anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau disingkat dengan ADHD.ADHD disebabkan oleh berbagai faktor seperti genetika atau pengaruh lingkungan. Mobile game lebih mudah bagi anak ADHD untuk dilakukan dalam kesehariannya, dibandingkan dengan metode konvesional, dimana seorang pengajar memberikan materi dan anak berusaha memahami materi dengan memperhatikan. Anak ADHD rata-rata memiliki gejala dyspraxia yang berpengaruh terhadap rangsangan motorik halus.Dyspraxia mengakibatkan anak tidak dapat mengatur motorik halus.
Dibutuhkan alat bantu berupa game yang bersifat edukasi yang dapat membantu anak dalam melatih motorik halus. Game ADHIKIDS FIMO dapat membantu anak ADHD dalam melatih motorik halus. Game ADHIKIDS FIMO menggunakan teknologi HTML5 dimana merupakan teknologi baru yang bersifat interaktif. Mengembangan perangkat lunak pada penelitian kali ini menggunakan metode Agile Development. Terdapat 3 permainan di dalam ADHIKIDS FIMO yaitu dot pattern, writting dan coloring yang disusun ke dalam 3 level. Game ini ditujukan pada anak usia 5 tahun keatas atau untuk anak lima tahun kebawah dimana harus dibimbing penuh oleh orang tua, guru dan terapis dalam melakukan permainan. Permainan ini dapat diimplementasikan pada anak dengan karakteristik ADHD dengan bantuan pendamping. ADHD, motorik halus, Assistive technology , HTML5 , mobile game

Subjek

ELECTRONIC GAMES
 

Katalog

MEMBANGUN MOBILE GAME SEBAGAI ASSISTIVE TECHNOLOGY UNTUK MEMBANTU MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY ISORDER (ADHD) DENGAN METODE AGILE DEVELOPMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggita Regia Marpaung
Perorangan
Nia Ambarsari, S.Si ., M.T; Amelia Kurniawati, S.T.,M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini