Antrian adalah hal umum yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Antrian terjadi karena permintaan akan suatu pelayanan melebihi kapasitas suatu fasilitas pelayanan. Bank “X” cabang Cimahi adalah bank yang masih menggunakan metode antrian konvensional (menggunakan satpam untuk mengatur antrian) dan mengalami lonjakan nasabah pada jam jam tertentu. Untuk itu diperlukan penelitian untuk menilai sistem antrian yang dipakai dan mencoba meng-optimasi berbagai variabel yang ada di dalamnya, khususnya waktu tunggu.
Metodologi yang saya gunakan adalah mengamati sistem antrian mulai dari tanggal 14 Pebruari sampai 7 Maret 2013 pada hari Rabu dan Kamis. Variabel yang diamati adalah waktu datang, waktu tunggu, dan waktu pelayanan yang akan digunakan untuk mencari variabel-variabel lainnya dan mencoba membuat simulasi berdasarkan data yang sudah ada.
Hasil yang didapat adalah Bank “X” cabang Cimahi menggunakan model antrian Multi Channel Single Phase dengan disiplin antrian FIFO (First In First Out). Jam sibuk untuk bank ini terjadi pada pukul 08.01 sampai 12.00 WIB.
antrian, bank, kolmogorov-smirnov