Kondisi aktual pada perusahaan CV. XYZ yang merupakan supplier suku cadang dalam perusahaan
komponen otomotif belum adanya standar yang mendukung dalam memahami kebutuhan dan harapan
interested parties yang merupakan requirement terbaru dalam ISO 9001:2015 yang berada pada klausul 4.2.
Selain itu perusahaan perlu mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 dikarenakan tuntutan dari customer yang mensyaratkan perusahaan supplier harus mempunyai sertifikasi ISO 9001:2015, jika tidak maka customer akan memutuskan kerja sama dengan perusahaan supplier. Adapun interested parties yang dibahas pada penelitian ini adalah customer karena memiliki urgency yang tinggi berdasarkan kondisi aktual dan identifikasi stakeholder.
Penelitian ini berfokus pada perancangan penetapan kebutuhan dan harapan interested parties berdasarkan ISO 9001:2015 klausul 4.2.
Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data profil, struktur, deskripsi kerja, visi dan misi, data
potensi resiko, proses bisnis eksisting, estimasi waktu proses , objektif proses dan requirement ISO 9001:2015 klausul 4.2. Data proses eksisting dan requirement diolah sehingga menghasilkan analisis gap dan usulan, sedangkan data potensi resiko dilakukan risk assesment yang menghasilkan output berupa risk register. Selain itu metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu SECI. Data yang diperoleh pada tahap socialization adalah proses bisnis eksisting dan objektif proses yang berasal dari tacit knowledge. Pada tahap externalization menghasilkan rancangan proses bisnis eksisting yang terdokumentasi. Pada tahap combination ditambahkan dengan analisis gap dan Key Performance Indicator (KPI), dan tahap internalization menghasilkan output usulan proses yang mempertimbangkan resiko yang sesuai dengan requirement ISO 9001:2015 berupa Standard Operating Procedure (SOP).
Penelitian ini menghasilkan output berupa Standard Operating Procedure (SOP) Penetapan Kebutuhan dan Harapan Interested Parties CV. XYZ. Untuk mengefisienkan proses tersebut, dibuat aplikasi berbasis web yang terintegrasi dari mulai mengidentifikasi interested parties hingga perusahaan melakukan dokumentasi sebagai bahan monitoring dalam melakukan proses penetapan kebutuhan dan harapan interested parties.
Kata Kunci : ISO 9001:2015, Risk Register, SECI, Standard Operating Procedure, Kebutuhan, Harapan.