Klasifikasi Sentimen pada Data Ulasan Produk Toko Online menggunakan Multinomial Naive Bayes

FAJAR FAKHRUDDIN

Informasi Dasar

93 kali
17.04.3623
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ulasan produk yang tersebar di sosial media telah mempengaruhi 90% keputusan pembeli terhadap pembelian produk. Bagi pihak produsen produk, tentu saja ini bisa menjadi acuan apakah produk yang mereka pasarkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dengan membaca dan menilai suatu ulasan dengan nilai positif atau negatif. Akan tetapi, untuk mengkategorikan ulasan produk tersebut ke dalam kategori komentar positif dan negatif yang jumlahnya ribuan tentu akan memakan waktu yang lama untuk mengetahui opini masyarakat mengenai produk tersebut. Melalui tugas akhir ini peneliti memberikan solusi bagi permasalahan tersebut dengan klasifikasi sentimen otomatis dilakukan oleh komputer menggunakan multinomial naïve bayes classifier. Hasil percobaan terbaik menunjukkan rata-rata dari F1-Score dengan 10-folds cross validation adalah 92,98%, yang mengindikasikan bahwa solusi yang diajukan baik untuk mengklasifikasikan sentimen pada data ulasan produk.

Kata kunci: klasifikasi, sentimen, ulasan, produk, multinomial naïve bayes

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Klasifikasi Sentimen pada Data Ulasan Produk Toko Online menggunakan Multinomial Naive Bayes
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAJAR FAKHRUDDIN
Perorangan
ADIWIJAYA, MOHAMAD SYAHRUL MUBAROK
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CDG4K3 - DATA MINING
  • CD1213 - PENGGALIAN DATA TEKS
  • CSH4O3 - PEMROSESAN BAHASA ALAMI
  • CSH4Y3 - TOPIK KHUSUS 2 ICM
  • CII4G3 - PEMROSESAN BAHASA ALAMI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini