ABSTRAK
FORMULASI STRATEGI BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP RESOURCE BASED VIEW (STUDI KASUS CV. SALUYU MANDIRI PRATAMA)
OLEH :
RIZKY RAMADHAN SUHARTO
NIM : 1201130268
Pesatnya peerkembangan industri otomotif menyebabkan persaingan di dunia industri otomotif ini khususnya bengkel menjadi cukup ketat. Hal demikian menuntut para pengusaha dibidang otomotif harus berusaha untuk melakukan pengembangan terhadap layanan produknya agar dapat bertahan dan berinovasi. Salah satu yang harus mereka lakukan adalah membuat inovasi agar menjadi salah satu strategi bersaing terhadap para pesaingnya.
Dalam menghadapi persaingan, sebagai perusahaan bengkel yang bergerak di bidang jasa pemeliharaan mobil, CV. Saluyu Mandiri Pratama masih belum bisa memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada, serta kurangnya kegiatan promosi terhadap media-media yang tepat bagi perusahaan.
Penulis melakukan analisis dan rancangan strategi yang sesuai untuk perusahaan melalui pendekatan analisis Resource-Based View, serta menggunakan analisis VRIO. Berdasrakan hasil analisis VRIO, didapatkan hasil bahwa CV. Saluyu Mandiri Pratama memiliki resources dan capabilities yang bersifat competitive parity dan temporary competitive advantage, oleh karena itu dibutuhkan formulasi strategi yang tepat agar menjadi sustained competitive advantage.
Diharapkan dengan adanya penelitian ini, akan mampu membantu CV. Saluyu Mandiri Pratama dalam memperkuat sumber daya perusahaan yang dimilikinya, sekaligus dapat memberikan solusi strategi melalui analisis tersebut sehingga dapatmenghasilkan strategi yang tepat bagi perusahaan.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Resources-Based View, analisis VRIO, CV. Saluyu Mandiri Pratama.