Evaluasi pengajaran merupakan salah satu kegiatan perkuliahan yang dilakukan per semester untuk mengetahui hasil proses pengajaran yang dilakukan oleh dosen Universitas Telkom terhadap materi perkuliahan yang disampaikan. Hasil proses pengajaran mata kuliah kemudian dilakukan dengan mengunggah nilai mahasiswa ke i-Gracias. Hasil unggah tersebut kemudian disampaikan ke dalam bentuk Portofolio Perkuliahan. Namun saat ini Universitas Telkom belum mengatur proses evaluasi pengajaran berdasarkan learning outcome di setiap hasil assessment dan Universitas Telkom belum memiliki prosedur tentang evaluasi pengajaran.
Penyelesaian permasalahan dari penelitian ini menggunakan metode SECI. Metode ini digunakan sebagai cara untuk memperoleh tacit knowledge dosen tentang pelaksanaan evaluasi pengajaran yang diolah menjadi explicit knowledge berupa prosedur pembuatan portofolio evaluasi pengajaran kemudian dijadikan sebagai tacit knowledge kembali oleh seluruh dosen Universitas Telkom dalam bentuk Standard Operating Procedure (SOP) yang sudah disesuaikan dengan standar ISO 9001:2015 klausul 7.1.6 pengetahuan organisasi.
SOP ini digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan evaluasi pengajaran berdasarkan Portofolio Perkuliahan Universitas Telkom dengan penerapan knowledge conversion 5C-4C (Contextualized, Categorized, Calculated, Corrected, Condensed, Comparison, Consequences, Connections, Conversation) dalam mengelola data menjadi informasi hingga menjadi knowledge yang akan digunakan oleh dosen untuk kegiatan pengajaran yang akan datang.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil rancangan SOP Pembuatan Portofolio Evaluasi Pengajaran dijadikan sebagai panduan oleh seluruh dosen Universitas Telkom dalam melaksanakan evaluasi pengajaran.
Kata Kunci : portofolio, pengajaran, SECI, Knowledge Conversion, SOP, 1SO 9001:2015