Rekomendasi Rancangan Information Architecture Website Rumah Sakit dengan Menggunakan Pendekatan Bottom-Up pada Metode Card Sorting (Studi Kasus: Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung)

RISQI PUSPA DEWI

Informasi Dasar

18.04.321
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Website digunakan dalam berbagai sektor bidang sebagai sarana untuk memberikan informasi. Salah satu bidang yang menggunakan website adalah rumah sakit. Dengan website rumah sakit tersebut, pengguna dapat mengakses informasi mengenai rumah sakit dimanapun dan kapanpun. Namun, ada beberapa kekurangan yang dikeluhkan oleh para pengguna terkait website Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang mereka akses. Permasalahan tersebut mulai dari informasi yang kurang, struktur menu yang membingungkan dan lain-lain. Untuk itu perlu adanya information architecture untuk mengatur terkait konten dan struktur website. Untuk membangun information architecture tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan bottom-up pada card sorting. Adapun lima tahapan dalam penelitian yaitu tahap pertama adalah strategy untuk menyamakan tujuan dalam pembangunan website rumah sakit baik dari sudut pandang organisasi/perusahaan dan sudut pandang pengguna terhadap website rumah sakit. Tahapan kedua adalah scope untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diinginkan pengguna pada website rumah sakit. Tahapan ketiga adalah structure untuk membentuk struktur awal dari information architecture dengan menggunakan pendekatan bottom-up pada metode card-sorting. Jenis card sorting yang digunakan adalah open card sorting. Tahapan keempat adalah skeleton untuk membuat rancangan model information architecture dengan menggunakan wireframe dan prototype. Tahapan kelima adalah pengujian dengan menggunakan findability-testing dan usability-testing. Dari pengujian tersebut rancangan information architecture yang dibuat sudah memenuhi keinginan dan kebutuhan pengguna, dimana terlihat pada hasil findability testing didapatkan 15.9 detik dan pada hasil usability testing didapatkan 80.33. Sehingga, dengan hasil pengujian tersebut, dapat dikatakan bahwa rancangan information architecture pada Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung mempunyai nilai findability dan nilai usability yang baik.

Kata kunci: Information Architecture, Bottom-Up, Card-Sorting, Usability-Testing, Findability-Testing

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Rekomendasi Rancangan Information Architecture Website Rumah Sakit dengan Menggunakan Pendekatan Bottom-Up pada Metode Card Sorting (Studi Kasus: Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISQI PUSPA DEWI
Perorangan
Mira Kanna Sabanar, Veromkha Effendy
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CDG4L3 - TOPIK KHUSUS SIDE 1
  • IFG444 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini