ABSTRAK
Brewisely Coffeemate merupakan sebuah usaha kecil yang dibentuk pada akhir tahun 2015 di kota Depok Jawa Barat. Brewisely Coffeemate bergerak di bidang coffee shop dan ingin mengembangkan pada unit bisnis sangrai kopi. Sampai penelitian ini dilakukan Brewisely Coffeemate masih bergerak di bidang coffee shop. Tujuan penelitian ini, yaitu : 1) Mengetahui besarnya pasar dari pembangunan unit bisnis sangrai kopi pada usaha Brewisely Coffeemate. 2) Mengetahui manfaat pembangunan unit bisnis sangrai kopi pada usaha Brewisely Coffeemate dengan melihat aspek teknis dan aspek finansial. 3) Mengetahui tingkat sensitivitas dari investasi pembangunan unit bisnis sangrai kopi pada usaha Brewisely Coffemate.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, kesimpulan penelitian ini dalam aspek pasar, didapatkan besarnya presentase dari pasar potensial adalah 100%. Pada pasar tersedia didapatkan presentase dari total 100 responden, ,kelompok I yang terdiri dari 6 orang mau membeli dengan range harga dibawah Rp. 25.000. Kelompok II sebanyak 33 responden mampu pada range harga Rp. 25.001 - Rp. 50.000. Kemudian kelompok III, sebanyak 40 responden mampu pada range harga Rp. 50.001 - Rp. 75.000. Dan kelompok IV, sebanyak 9 responden mampu pada range harga Rp. 75.001 - Rp. 100.000. Serta kelompok V, sebanyak 12 responden mampu pada harga diatas Rp.100.000. Bahwa pasar tersedia dari kelompok I sebesar 6%, kelompok II sebesar 33%, kelompok III sebesar 44%, kelompok IV sebesar 9%, dan kelompok V sebesar 12%. Pada pasar sasaran, usaha ini akan menyasar sebesar 1% dari total pasar yang tersedia. Periode dalam pembuatan proyeksi keuangan ditetapkan selama 5 tahun. Dari perhitungan yang ada, pembangunan sangrai kopi pada usaha Brewisely coffeemate dapat dikatakan layak.
Kata Kunci: Analisis Kelayakan, Aspek Pasar, Aspek Teknis, Aspek Finansial, Brewisely Coffeemate.