Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) merupakan sebuah organisasi yang mewadahi mahasiswa-mahasiswi Universitas Telkom yang memiliki keinginan untuk berwirausaha karena Entrepreneur atau wirausahawan mulai terlihat menjanjikan sebagai alternatif profesi. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa mencari pekerjaan semakin sulit karena persaingan yang juga semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan begitu program HIPMI PT Universitas Telkom perlu tepat sasaran seusai dengan yang dibutuhkan oleh pengusaha start-up di dalam HIPMI PT Universitas Telkom. Adapun pertanyaan yang terkait dengan penelitian ini yaitu strategi bisnis apa yang digunakan HIPMI PT dalam program kerja mereka.
Adapun beberapa bahasan penting yang menjadi landasan dari penilitian ini meliputi; kewirausahaan, manajemen strategi, strategi bisnis, perumusan strategi, dan beberapa penelitian terdahulu yang terkait dengan tema penelitian ini, Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan Three-Stage Strategy-Formulation Analytical Framework untuk mengetahui strategi organisasi HIPMI PT Telkom yang tepat, dan program apa yang perlu ditambahkan untuk membantu seluruh anggota HIPMI PT Universitas Telkom, dengan mengoptimalkan semua sumber daya yang ada.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fakta dan objek secara sistematis dan tepat. Selain itu, tujuan dari digunakannya metode penelitian kualitatif adalah penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi yang alami (Natural Setting).
Narasumber ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Dengan menentukan indikator sesuai dengan kebutuhan penulis dalam melakukan penelitian dengan wawancara mengenai analisis model pengembangan bisnis dengan menggunakan QSPM pada organisasi HIPMI PT Universitas Telkom. Berdasarkan total skor matriks EFE mengindikasikan bahwa organisasi HIPMI PT Universitas Telkom dapat merespon peluang dan ancaman dengan baik diatas rata-rata. Namun, Hasil matiks IFE menunjukan bahwa organisasi HIPMI PT Universitas Telkom masih lemah secara internal.
Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan penelitian ini menurut matriks QSPM, menemukan bahwa program yang memiliki kemungkinan paling besar untuk dijalankan adalah dengan Membuat program terkait pemanfaatan teknologi Social Media dan Market Place.
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Perumusan Strategi, QSPM Matrix