Strategi Public Relations Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang Pada Program Pemanfaatan Pekarangan/Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)

INDRA DERMAWAN

Informasi Dasar

18.04.832
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Strategi Public Relations Dinas Ketahanan Kabupaten Subang Pada Program Pemanfaatan Pekarangan/Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)”. KRPL adalah program pemanfaatan pekarangan rumah dengan memanfaatkannya sebagai lahan bercocok tanam. Tujuan dari program ini adalah agar masyarakat bisa mandiri dalam segi ketersediaan bahan pangan, serta dapat membantu perekonomian mereka. Program KRPL adalah program baru yang di realisasi di Kabupaten Subang. Dinas Ketahanan Pangan Sebagai Dinas Intansi yang bertugas menjalankan program tersebut. Melalui divisi humas (Public Relations) program tersebut dapat terealisasi dengan menggunakan strategi yang baik. Divisi Public Relations menggunakan komunikasi interpersonal sebagai strategi mereka untuk membujuk masyarakat agar mau mengikuti program KRPL. Dengan komunikasi interpersonal Public Relations Dinas Ketahanan Pangan mampu menjalin kedekatan terhadap masyarakat. Berdasarkan penjelasan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Public Relations Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang dalam mengkomunikasikan program KRPL, serta mengetahui apa motif Public Relations Dinas Ketahanan Pangan mengutamakan komunikasi secara langsung (komunikasi interpersonal) dalam menkomunikasikan program KRPL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif study kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa saat ini strategi yang digunakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dengan menggunakan komunikasi interpersonal belum berjalan secara efektif. Namun dari berbagai kegiatan komunikasi dan sosialisasi, Public Relations Dinas Ketahanan Pangan telah memakai strategi dengan model perencanaan komunikasi Philip Lesly yang menggunakan analisis dan riset sebagai langkah pertamanya.

Kata kunci: KRPL, Public Relations, Analisis dan Riset

Subjek

PUBLIC RELATIONS
 

Katalog

Strategi Public Relations Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang Pada Program Pemanfaatan Pekarangan/Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRA DERMAWAN
Perorangan
DEDI KURNIA SYAH PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini