ANALISIS BISNIS MODEL CANVAS DALAM PERSPEKTIF HALAL TOURISM (STUDI KASUS PADA NARAPATI SYARIAH BOUTIQUE HOTEL, BANDUNG)

AFIF KHOIRUL HIDAYAT

Informasi Dasar

110 kali
18.04.872
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk yang mayoritas muslim yang terus melakukan upaya pengembangan pariwisata. Pariwisata sendiri merupakan sektor industri yang bertahan di tengah krisis global akhir-akhir ini.disaat sektor industri lainnya mengalami penurunan, sektor pariwisata justru mengalami keadaan yang sebaliknya. Sektor pariwisata yang terus dikembangkan adalah wisata ramah muslim (Muslim Friendly Tourism) atau juga dikenal dengan wisata halal. Sejak awal berdirinya Narapati Syariah Boutique Hotel ini, pendiri secara konsisten ingin menjaga kualitas, pelayanan, dan citra hotel, salah satu caranya yaitu dengan memperkenalkan budaya syariah yang secara hukum agama benar-benar menjadi cerminan citra Narapati Syariah Boutique Hotel sebagai hotel syariah. Seringkali industri perhotelan kerap kali dikonotasikan dengan kebiasaan perbuatan yang diharamkan oleh agama Islam, baik itu perzinahan, narkoba, ataupun minuman beralkohol. Pada dasarnya hotel adalah usaha yang bersih, memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan tanpa melanggar hukum-hukum yang dilarang oleh agama islam karena tidak ada tuntunan atau kewajiban bagi pengusaha hotel untuk menyediakan fasilitas atau produk uang melanggar norma kesusulaan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model bisnis yang digunakan oleh Narapati Syariah Boutique Hotel saat ini apabila ditinjau dari model bisnis yang dimiliki dan untuk memberikan gambaran model pengembangan setelah melakukan analisis SWOT. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan Business Model Canvas sebagai model analisisnya. Metode kualitatif ini dilakukan secara wawancara dengan menggunakan metode open coding. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran model bisnis Narapati Syariah Boutique Hotel berdasarkan elemen value proposition, customer segments, customer relationship, dan channels akan mempengaruhi pendapatan perusahaan. Value proposition juga membutuhkan key activities, key partnership, dan key resources untuk menjalankan model bisnisnya. Semua elemen dari sembilan blok Business Model Canvas yang dimiliki Narapati Syariah Boutique Hotel harus dikelola dengan baik agar model bisnis berjalan sesuai apa yang diharapkan perusahaan. Kata kunci: Business Model Canvas, Entrepreneurship, Social Enterprise, Halal Tourism

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS BISNIS MODEL CANVAS DALAM PERSPEKTIF HALAL TOURISM (STUDI KASUS PADA NARAPATI SYARIAH BOUTIQUE HOTEL, BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFIF KHOIRUL HIDAYAT
Perorangan
Hendrati Dwi Mulyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, Administrasi Bisnis
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini