ABSTRAK
Pengangguran dan kemiskinan menjadi masalah utama yang dihadapi oleh kebanyakan Negara, termasuk Indonesia. Hal ini telah menjadi masalah yang bersifat umum, mengingat tingkat pengangguran yang tinggi menjadi kendala utama dari setiap Negara berkembang. Melihat fakta tersebut, keberadaan wirausaha sosial sangat penting. Indonesia membutuhkan tokoh yang dapat membantu pemerintah yang tidak hanya membantu masyarakat namun juga mengajarkan masyarakat untuk dapat mencapai kehidupan ekonomi dan sosial yang lebih baik secara mandiri. Kewirausahaan sosial dinilai sebagai solusi dalam upaya mempercepat penurunan angka pengangguran dan kemiskinan. Hal ini disebabkan karena wirausaha sosial menawarkan kelebihan manfaat dari sekedar menciptakan lapangan kerja, kewirausahaan memiliki manfaat yang luas karena wirausaha tidak hanya berhadapan kepada karyawan yang menjadi mitra kerja tetapi juga masyarakat luas. Terkait dengan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian terkait karakter sosial untuk mengetahui lebih lanjut apakah ada karakter individu yang khas yang membedakan pelaku wirausaha sosial dengan pelaku wirausaha tradisional lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kewirausahaan sosial dan identifikasi karakter sosial pada wirausaha sosial di Kota Bandung, yaitu: CV. Energi Persada, PT. Greeneration Indonesia, Amygdala Bamboo, dan CV. Wahana Putra Ideas dengan variabel Social Value, Civil Society, Innovation, Economy Activity, dan Dampak Sosial (outcome).
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Narasumber pada penelitian ini masing-masing tiga orang dari tiap perusahaan yang terdiri dari dua orang internal perusahaan, dan satu eksternal perusahaan yaitu masyarakat yang terlibat dalam perusahaan sehingga total narasumber pada penelitian ini ada 12 responden. Pengumpulan data digunakan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi dengan narasumber. Data yang dianalisis oleh peneliti yang mengacu pada teori yang digunakan.
Berdasarkan hasil pengolahan data dari keempat wirausaha sosial didapatkan hasil penelitian bahwa dari keempat wirausaha sosial pada CV. Energi Persada, PT. Greeneration Indonesia, Amygdala Bamboo dan CV. Wahana Putra Ideas telah melakukan kegiatan usahanya berdasarkan pada lima variabel karakter sosial yaitu Social Value, Civil Society, Innovation, Economy Activity dan Dampak Sosial (Outcome).
Berdasarkan hasil penelitian, untuk menjadi wirausaha sosial diperlukan karakter sosial seperti Social Value, Civil Society, Innovation, Economy Activity dan Dampak Sosial (Outcome). Wirausaha sosial dapat menjadi mitra bagi pemerintah dalam pembangunan ekonomi, karena wirausaha sosial sudah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran, kemiskinan, dan masalah lingkungan.
Kata Kunci : Kewirausahaan, Kewirausahaan Sosial, Karakter Sosial.