Industri telekomunikasi merupakan salah satu industri yang mengalami peningkatan pertumbuhan disaat pelemahan ekonomi di tahun 2016. Berkembangnya industri telekomunikasi memberikan dampak terhadap jumlah pengguna Internet di Indonesia. Perangkat yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet adalah perangkat mobile. Banyaknya pengguna perangkat mobile memberi peluang kepada operator seluler untuk menawarkan produknya, sekaligus menimbulkan persaingan diantara para pemainnya. Salah satu operator seluler di Indonesia yaitu PT XL Axiata (XL). Dalam menjalankan usahanya, XL dihadapkan oleh persaingan. Dengan persaingan yang ada, mengharuskan XL melakukan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan yaitu periklanan. Periklanan yang menarik perhatian konsumen XL adalah iklan Paket Xtra Combo XL di YouTube. Oleh sebab itu dibutuhkan penelitian tentang iklan XL di YouTube. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan periklanan XL khususnya Paket Xtra Combo pada media YouTube di Bandung, untuk mengetahui keputusan pembelian khususnya Paket Xtra Combo pada media YouTube di Bandung, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh attention, interest, desire, dan action yang diterapkan pada iklan Paket Xtra Combo XL di YouTube secara parsial terhadap keputusan pembelian Paket Xtra Combo XL di Bandung, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh attention, interest, desire, dan action yang diterapkan pada iklan Paket Xtra Combo XL di YouTube secara simultan terhadap keputusan pembelian Paket Xtra Combo XL di Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 160 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan purposive sampling dan data diolah menggunakan SPSS versi 21 untuk sistem operasi Windows. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Penelitian ini memiliki variabel independen yaitu periklananan dengan sub variabel attention, interest, desire dan action, serta variabel dependen yaitu keputusan pembelian.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara attention (X1), interest (X2), dan action (X4) terhadap keputusan pembelian. Sub variabel desire (X3) tidak berpengaruh secara signifikan. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 36,6%. Hal tersebut menunjukan bahwa keputusan pembelian konsumen akan Paket Xtra Combo di Bandung yang ditunjukan dalam attention, interest, desire dan action sebesar 36,6%. 63,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Iklan di YouTube, Keputusan Pembelian, PT XL Axiata