Abstrak
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media sosial Facebook sebagai media dalam membangun brand awareness biskuit sarapan Belvita. Latar belakang penelitian ini yaitu perusahan Mondelez International merupakan perusahaan yang memproduksi makanan ringan mengeluarkan produk berupa biskuit sarapan yang praktis yaitu Belvita pada tahun 2016 lalu. Pada awal tahun 2017 media sosial Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak yang demikian dimanfaatkan pula oleh biskuit Belvita sebagai media promosi. Selain itu, facebook juga mendukung para pebisnis untuk menjangkau pengguna aktif facebook sekitar lebih dari 96 juta pengguna setiap bulannya untuk memperoleh keuntungan yang kompetetif dalam dunia mobile. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media sosial Facebook oleh Belvita sebagai media dalam membangun brand awareness. Metode yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan paradigma post-positivis. Pada penelitian ini terdapat dua informan yaitu informan utama dan informan pendukung sebagai sumber data peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penggunaan media sosial facebook oleh Belvita sebagai media dalam membangun brand awareness, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat di facebook seperti membagikan gambar dan video dengan konten yang variatif. Konten yang dibagikan oleh biskuit Belvita dalam membangun brand awareness di facebook yaitu informasi seputar produk Belvita seperti kandungan gizi di dalamnya dan informasi bahwa biskuit Belvita merupakan biskuit sarapan yang praktis. Kemudian, konten yang dibagikan oleh biskuit Belvita yaitu video tentang kebiasaan brand ambassador dari Belvita pada pagi hari yang diharapkan dapat menginspirasi konsumen. Sehingga peneliti menarik kesimpulan bahwa biskuit sarapan Belvita menggunakan facebook sebagai media dalam membangun brand awareness dengan membagikan konten edukasi dan hiburan bagi konsumen. Pada tahapan kesadaran merek, biskuit Belvita membangun pada tahap kedua yaitu brand recognition.
Kata kunci: facebook, kesadaran merek, konten marketing