Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana rancangan model bisnis yang tepat untuk UKM Collins Indonesia dalam mengembangkan usahanya menggunakan pendekatan Business Model Canvas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Business Model Canvas dari UKM Collins Indonesia, untuk mengevaluasi UKM Collins Indonesia dengan menganalisis Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats dari UKM Collins Indonesia, dan untuk mengetahui model bisnis yang sesuai dan disarankan sebagai bentuk strategi pengembangan usaha UKM Collins Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara. Wawancara dilakukan kepada narasumber yang sudah dipilih dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UKM Collins Indonesia sudah memiliki semua elemen Business Model Canvas yang menjadi acuan berjalannya usaha, tetapi masih ada yang perlu diperbaiki atau dikembangkan lagi dari sembilan elemen Business Model Canvas tersebut. Dalam analisis SWOT yang peneliti lakukan terhadap Business Model Canvas yang dimiliki UKM Collins Indonesia, tersdapat Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats dari setiap elemen yang ada pada Business model canvas tersebut.
UKM Collins Indonesia perlu menambahkan beberapa aspek bisnis dalam mengembangkan usahanya kedepan seperti, menambah kuantitas penjualan produk, lebih berinovasi lagi dalam design produk, menentukan mitra utama, pengembangan kualitas SDM, memperbanyak penjualan offline, pengaturan pengeluaran, dan penambahan segmentasi pasar.