Huruf hijaiyah adalah huruf yang ejaan bahasa Arab sebagai bahasa asli Al Qur’an. Huruf hijaiyah yang sebagaimana digunakan dalam Al Qur’an ada 29 macam. Dalam memahami huruf hijaiyah itu harus tahu bentuk huruf beserta namanya kemudian barulah belajar dalam pelafalannya. Oleh karena itu harus ada media pembelajaran dalam belajar huruf hijaiyah. Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunkan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media yang bisa menimbulkan rasa ketertarikan siswa untuk terfokus pada pembelajaran dan merangsang peran aktif siswa dalam menemukan, mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dalam proses pembelajaran.
Dengan perkembangan teknologi, banyak media yang digunakan untuk menjadi media pembelajaran, salah satunya menggunakan teknologi Augmented Reality. Penggunaan teknologi Augmented Reality dalam penyampaian informasi tentang huruf hijaiyah dan cara pelafalan huruf hijaiyah diharapkan dapat tersalurkan dengan baik, karena pengguna diharuskan melakukan “scanning marker” untuk melihat dan mendengar informasi tentang huruf hijaiyah dan cara pelafalannya.
ABATATSA merupakan aplikasi pelafalan huruf hijaiyah untuk anak-anak berbasis Augmented Reality yang membutuhkan marker sebagai perantara untuk menampilkan objek 3D serta video cara pelafalan huruf hijaiyah dan dilengkapi kuis untuk menguji kemampuan anak-anak. Terdapat dua jenis marker, yaitu marker huruf hijaiyah dan marker tanda baca. Marker huruf hijaiyah dan marker tanda baca dapat dipindai bersamaan untuk menampilkan video cara pelafalan huruf hijaiyah.
Kata Kunci : Hijaiyah, Augmented Reality, Marker