ABSTRAK
Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Adanya kerangka konsep pelaporan tanggungjawab sosial yang dapat digunakan adalah Global Reporting Initiative (GRI) dalam bentuk laporan keberlanjutan. Namun, tidak sedikit perusahaan yang belum melakukan pengungkapan terhadap kegiatan tanggungjawab sosial dalam sebuah laporan keberlanjutan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Obyek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan Indeks Kompas 100 Non-Keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2014-2016.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keberlanjutan dan laporan tahunan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 18 perusahaan dari Indeks Kompas 100 Non-Keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2014-2016.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews versi 9.0, diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan variabel independen yang terdiri dari profitabilitas, leverage,ukuran perusahaan, dan umur perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengujian secara parsial menunjukkan hasil Profitabilitas tidak memiliki pengaruh, leverage tidak memiliki pengaruh, Ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh dan umur perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Berdasarkan hasil penelitian bagi investor disarankan memilih perusahaan yang mengungkapan tanggung jawab sosial yang baik sebagai salah satu dasar untuk membantu dalam pengambilan keputusan investasi. Bagi perusahaan, disarankan untuk melaksanakan corporate social responsibility dan memaksimalkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai aturan GRI.
Kata Kunci:Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.