Anak di usia 2-4 tahun umumnya adalah usia anak untuk mengenal hewan dan benda disekitarnya. Dalam kehidupan anak-anak sebagian besar waktunya dihabiskan dengan aktivitas bermain. Mainan merupakan unsur yang penting dari aktivitas bermain mereka. Menurut Friedrich Wilhelm Froebel, ia menyadari bahwa kegiatan bermain maupun mainan yang dinikmati dapat menarik perhatian serta mengembangkan pengetahuan. Kegiatan bermain dalam belajar dapat menjadi pengalaman apabila didukung dengan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan usia anak. Pestalozzi memiliki pandangan bahwa pendidikan akan berhasil bila berdasarkan pada kesan yang berhubungan dengan sensory impressions. Salah satu media yang dapat mendukung anak untuk bermain sambil belajar adalah Quiet Book. Queitbook umumnya terbuat dari kain (terutama flannel dan kain perca) yang dibentuk menjadi sebuah buku dengan warna-warna cerah, berisi aktivitas permainan sederhana. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dimana terdapat pengkajian studi literatur, obsevasi dan eksplorasi tentang perkembangan anak, inspirasi bentuk hewan endemik Indonesia dan aktivitas pada Queitbook. Penelitian ini menghasilkan buku berbahan dasar kain yang didalamnya bentuk hewan endemik Indonesia sehingga anak dapat melakukan aktivias sederhana seperti menyusun meraba tekstur ataupun membolakbalikan buku. Diharapkan dengan adanya penelitian ini anak dapat mengenal hewan endemik Indonesia dan dapat mengembangkan daya imajinasi pada anak.
Kata Kunci : Motif Hewan Endemik Indonesia, Queitbook, Anak Usia 2-4 Tahun