Generasi Z adalah generasi teknologi yang lahir pada tahun 1996 hingga tahun 2009. Generasi Z memiliki karakteristik perilaku yang berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu fasih teknologi. Luasnya informasi didunia maya, membuat generasi Z tertantang untuk selalu bereksperimen dan mencoba hal-hal baru, mengeksplorasi dan memadukan gaya dengan berani. Dari sikap generasi Z, maka muncul trend fashion tahun 2017-2018 yang terinspirasi dari fenomena generasi Z, yaitu Digitarian oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Namun dalam desain koleksi busananya didominasi dengan eksplorasi warna dari Digitarian saja. Hal ini menyebabkan kurangnya alternatif desain busana yang dapat menunjang aktivitas generasi Z.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan studi literature, observasi, dan wawancara berkenaan untuk mengumpulkan data tentang generasi Z dan Trend Forecasting Digitarian. Kemudian dilakukan metode eksplorasi desain yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari generasi Z. Hasil eksplorasi desain tersebut dikembangkan menjadi desain produk fashion dengan acuan desain analisa dari target market.
Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan alternatif berbusana yang dapat menunjang aktivitas wanita generasi Z dengan inspirasi Trend Forecasting Digitarian.
Kata kunci: Aksesoris Tas, Busana Ready To Wear Wanita, Digitarian, Generasi Z