Representasi Isu Rasisme Dalam Film Straight Outta Compton (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Rasisme Dalam Film)

ABDUL FATTAH ZAKARIA RAMBE

Informasi Dasar

18.04.2617
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rasisme adalah fenomena yang tidak asing bagi kita. Rasisme layaknya penyakit yang melanda beberapa kelompok masyarakat dimana mereka beranggapan bahwa manusia lain yang memiliki perbedaan dalam hal budaya, kesukuan dan kepercayaan adalah lebih rendah dari manusia lainnya. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pengetahuan manusia mengenai rasisme dipengaruhi oleh cerita yang disampaikan dalam film. Fenomena rasisme direpresentasikan dalam suatu alur cerita kemudian ditampilkan dalam bentuk film. Salah satu film yang merepresentasikan isu rasisme yaitu “Straight Outta Compton”. Film ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan perjalanan hidup suatu grup nyanyi rap terkenal di Amerika yaitu N.W.A. Dengan menggunakan metode kualitatif paradigma konstruktivis dan pendekatan semiotika Roland Barthes, untuk memperoleh hasil penelitian dilakukan observasi dan analisis terhadap film kemudian memilih beberapa adegan sebagai objek penelitian. Pada adegan tersebut kemudian diidentifikasi tanda-tanda rasisme yang ada pada film berdasarkan adegan dan dialognya dengan mengacu pada semiotika Roland Barthes. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa film “Straight Outta Compton” merepresentasikan isu rasisme pada adegan dan dialognya berdasarkan tanda-tanda yang telah dianalisis makna denotasi, konotasi, serta mitos nya. Fenomena rasisme terhadap warga minoritas di Amerika tergambarkan dalam alur cerita film ini, pada adegan tanda-tanda rasisme ditampilkan dalam kostum serta aktivitas dalam adegan tersebut, serta isu rasisme juga tergambarkan dalam bentuk verbal melalui dialog yang terdapat pada film ini. Kata Kunci: Rasisme, Film, Semiotika.

Subjek

BROADCAST
 

Katalog

Representasi Isu Rasisme Dalam Film Straight Outta Compton (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Rasisme Dalam Film)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDUL FATTAH ZAKARIA RAMBE
Perorangan
ADI BAYU MAHADIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini