RANCANGAN PERBAIKAN PADA PROSES PRODUKSI KAIN MOTIF TETRON RAYON (TR) KODE 62 UNTUK MEMINIMASI WASTE DEFECT DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus PT Nagasakti Kurnia Textile Mills)

REREN JEANIFER RAMALISYA

Informasi Dasar

18.04.2727
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Nagasakti Kurnia Textile Mills (Nagatex) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tekstil memproduksi benang menjadi kain greige dan kain jadi di kota Bandung. PT Nagasakti Kurnia Textile Mills memproduksi kain jenis Tetron Rayon setiap bulannya. Jenis kain Tetron Rayon yang paling banyak diproduksi adalah kain Tetron Rayon kode 62. Selama proses produksi terdapat waste defect yang mempengaruhi kualitas produk dan juga lamanya proses pengerjaan. Berdasarkan data produksi perusahaan, rata – rata persentase defect rate dari bulan Januari 2017 – September 2017 sebesar 7,71% yang berada diatas batas toleransi defect rate sebesar 2%. Untuk meminimasi waste defect yang terjadi maka diperlukannya usulan perbaikan terhadap proses produksi kain. Upaya yang dilakukan untuk meminimasi waste defect menggunakan metode pendekatan Lean Manufacturing. Tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data – data yang diperlukan dalam pembuatan Value Stream Mapping (VSM) dan Process Activity Mapping (PAM) untuk memetakan aliran informasi dan aliran proses produksi. Tahap selanjutnya adalah identifikasi waste defect menggunakan pareto diagram untuk mengetahui waste defect yang dominan. Setelah itu untuk mencari akar permasalahan dari waste defect yang terpilih akan dianalisis menggunakan fishbone diagram dan 5 Whys sebagai penjabaran dari akar – akar permasalahan yang ada. Tahap penyelesaian dari akar permasalahan waste defect ini menggunakan tools Lean manufacturing. Rancangan perbaikan yang akan diusulkan diantaranya rancangan sistem PID Controller PLC, pokayoke, dan lembar kontrol untuk meminimasi waste defect dominan selama proses produksi di PT Nagasakti Kurnia Textile Mills.

Kata kunci : Waste Defect, Lean Manufacturing, PID Controller, Pokayoke

Subjek

LEAN MANUFACTURING
 

Katalog

RANCANGAN PERBAIKAN PADA PROSES PRODUKSI KAIN MOTIF TETRON RAYON (TR) KODE 62 UNTUK MEMINIMASI WASTE DEFECT DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus PT Nagasakti Kurnia Textile Mills)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REREN JEANIFER RAMALISYA
Perorangan
RINO ANDIAS A., WIDIA JULIANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini