PENGARUH PROFITABILITAS, DIVIDEND PAYOUT RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan Dalam Indeks JII BEI Tahun 2015-2017)

MELIZA AZHARA

Informasi Dasar

18.04.2864
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tindakan perataan laba dapat mengurangi kredibilitas laporan keuangan dan dapat merugikan pengguna laporan keuangan. Hal tersebut adalah karena informasi laba dan laporan keuangan merupakan faktor utama untuk menilai kinerja manajemen serta untuk pertimbangan investasi para investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, dividend payout ratio dan ukuran perusahasan terhadap perataan laba. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sample dan diperoleh 21 perusahaan dengan periode laporan keuangan 2015-2017 sehingga didapat 63 sampel sebagai bahan observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, dividend payout ratio dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap perataan laba. Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan pada perataan laba dengan koefisien regresi sebesar 2,344547 sedangkan profitabilitas dan dividend payout ratio tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Koefisien determinasi atau R square dalam penelitian ini didapati sebesar 0,137238 atau 13,72%.

Kata kunci: profitabilitas, dividend payout ratio, ukuran perusahaan, JII, perataan laba, laporan keuangan

Subjek

INCOME MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, DIVIDEND PAYOUT RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan Dalam Indeks JII BEI Tahun 2015-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELIZA AZHARA
Perorangan
MOHAMAD RAFKI NAZAR, KURNIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini