Perancangan Busana Modest Wear dengan Inspirasi Baju Kurung dan Ornamen Pucuk Rebung

ASTI DWI PRIHARTINI

Informasi Dasar

18.04.2943
746.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan fesyen busana muslim saat ini berkembang pesat, terutama di Indonesia. Fesyen busana muslim terbagi atas beberapa macam, salah satunya adalah modest wear. Modest fashion itu sendiri memiliki definisi cara berpakaian yang sopan dan tidak provokatif.

Ada salah satu busana tradisional Indonesia yang memiliki prinsip yang sama dengan modest wear, yaitu baju kurung. Baju kurung merupakan pakaian tradisional masyarakat Melayu Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan alternatif desain busana modest wear yang terinspirasi dari baju kurung serta menerapkan ornamen pucuk rebung sebagai lokal kontennya. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif berupa studi literatur, observasi, serta eksperimen. Studi literatur dan observasi mencakup pengumpulan materi dasar sekaligus perkembangannya mengenai busana modest wear, baju kurung dan ornamen pucuk rebung. Proses eksperimen dilakukan untuk mengeksplor komposisi motif dari ornamen pucuk rebung.

Hasil penelitian berupa sebuah koleksi busana modest wear yang terdiri atas lima look. Kelima look tersebut berpotongan longgar, panjang dan lurus, terinspirasi dari garis rancang baju kurung itu sendiri. Warna yang diangkat merupakan pencampuran warna khas masyarakat Melayu Riau dengan nuansa cokelat muda ke putih tulang. Penerapan ornamen pucuk rebung pada busana dilakukan dengan teknik digital print.

Kata kunci: fesyen busana muslim, modest wear, baju kurung, ornamen pucuk rebung

Subjek

FASHION DESIGN
 

Katalog

Perancangan Busana Modest Wear dengan Inspirasi Baju Kurung dan Ornamen Pucuk Rebung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTI DWI PRIHARTINI
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini