PERANCANGAN ART GAME “A SCOUT” SEBAGAI UPAYA MENARIK MINAT PELAJAR TERHADAP KEGIATAN PRAMUKA.

AKBAR RAHMAN RIZALDI

Informasi Dasar

75 kali
18.04.3277
745
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembuatan art game “A Scout” ini merupakan upaya kontribusi perancang dalam porses revitalisasi kegiatan pramuka, dalam upaya rebranding ini, akan terbentuk sebuah gambaran kegiatan pramuka yang unik dan menarik. Tampilan kegiatan pramuka yang terbentuk mampu menarik perhatian serta minat para remaja, khususnya para pelajar SMP yang masih memiliki anggapan bahwa pramuka hanyalah sebuah kegiatan formalitas dan sudah ketinggalan zaman, tanpa mengetahui nilai yang terkadung di dalam setiap kegiatannya. Pada perancangan art game ini, materi kegiatan pramuka akan dikemas menjadi fitur permainan dan konten bernilai edukasi di dalam game, sehingga selain bermain, pemain juga akan mendapatkan wawasan edukasi mengenai manfaat kegiatan pramuka. Dalam perancangan game yang memfokuskan kepada aset game yang termasuk di dalamnya aset karakter dan environment, game art dibuat berdasarkan data yang telah dikumpulkan melalui pengumpulan data kuantitatif maupun kualitatif. Dengan menggunakan dasar teori perancangan karakter, mulai dari siluet hingga proporsi dan didukung oleh data wawancara serta kuisioner, mampu menghasilkan tampilan karakter yang khas, menarik, dan sesuai minat target audience. Sedangkan dalam pembuatan environment-nya, teori mengenai parallax background dan hubungan warna untuk kebutuhan colour mood, dijadikan sebagai landasan perancangan untuk menghasilkan tampilan environment game yang memiliki kedalaman ruang dengan beragam suasana. Nuansa lokal yang didapatkan melalui observasi langsung lokasi-lokasi daerah di Indonesia, mulai dari flora yang tumbuh, setting lingkungan, serta suasana kegiatan pramuka, dijadikan sebagai salah satu poin penting untuk menunjukan identitas lokal. Hasil perancangan berupa aset game, dikumpulkan dan ditampilkan dengan media artbook. Dengan begitu, art game yang dibuat mampu menampilkan gambaran kegiatan pramuka yang lebih unik sehingga mampu menarik perhatian para remaja, khususnya pelajar SMP yang dimana media visual game memiliki potensi untuk dapat mereka terima. Kata Kunci: Kegiatan Pramuka, Aset Game, Game Art, Parallax, karakter, Artbook.

Subjek

DECORATIVE ARTS
 

Katalog

PERANCANGAN ART GAME “A SCOUT” SEBAGAI UPAYA MENARIK MINAT PELAJAR TERHADAP KEGIATAN PRAMUKA.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKBAR RAHMAN RIZALDI
Perorangan
ARIEF BUDIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • MUG3G3 - DESAIN GAME
  • SD733033 - GAME DESIGN
  • MUG2F3 - KONSEP VISUAL I
  • SD843046 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini