Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli (Studi pada www.gunungsembungputra.com)

SAFITRI

Informasi Dasar

18.05.106
381
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pertumbuhan internet di Indonesia sangat pesat, dengan begitu mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce. Semakin berkembangnya internet dan e-commerce maka peran website menjadi sangat penting untuk menunjang kegiatan bisnis. Kondisi tersebut membuat perusahaan yang tadinya belum memanfaatkan e-commerce untuk kegiatan bisnisnya, membuat inovasi dengan menggunakan sistem e-commerce. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait keinginan masyarakat untuk menggunakan transportasi di Indonesia bertambah pesat. Seiring dengan perkembangan zaman para pelaku bisnis berlomba lomba memasarkan produk dan jasa yang dimiliki melalui situs internet. Objek study pada penelitian ini adalah website gunungsembungputra.com yang merupakan website dari PO. Gunung Sembung Putra. Website yang awalnya hanya sebatas company profile, kemudian oleh perusahaan ditambahkan fitur reservasi online, dengan harapan dapat memudahkan pengguna dengan tidak perlu lagi meluangkan waktu ke kantor PO. Gunung Sembung Putra, atau menghabiskan pulsa untuk menelpon hotline untuk memesan bus, efisiensi waktu dan tenaga. Satu hal yang sulit dihilangkan di benak konsumen yaitu tentang kepercayaan terhadap website tersebut, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang sejauh mana pengaruh Kualitas Website terhadap Kepercayaan konsumen sehingga berdampak pada Minat Beli di website gunungsembungputra.com. Pendekatan teori dalam penelitian ini menggunakan metode Webqualtm dimana variabel kualitas website terdiri dari usefulness, Ease of Use, entertainment, dan complimentary relationship. Analisis data yang digunakan dengan metode Structural Equation Modeling untuk menunjukkan tingkat signifikansi antar variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability, sampling jenis purposive sampling. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian adalah data primer dan data sekunder. Populasi yang menjadi obyek penelitian ini adalah pengunjung website gunungsembungputra.com. Survei dilakukan terhadap 330 responden dan dari pengolahan data menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil uji hipotesis langsung bahwa variabel Usefulness, Ease of Use, Entertainment dan Complimentary Relationship berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan. Variabel Entertainment, Complimentary Relationship dan Kepercayaan berpengaruh signifikan Minat Beli. Sedangkan variabel Usefulness dan Ease of Use tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Untuk hasil uji hipotesis secara tidak langsung menunjukan bahwa variabel Usefulness, Ease of Use, Entertainment dan Complimentary Relationship berpengaruh signifikan terhadap Minat beli melalui kepercayaan sebagai variabel intervening.

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli (Studi pada www.gunungsembungputra.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAFITRI
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • MM400014 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini