STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CLEAN & CLEAR MENGGUNAKAN KAMPANYE “BANGGA DENGAN WARNA KULITMU” PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE
Periode Bulan Agustus – November 2017
Oleh:
ANISAH ULFAH
NIM. 1502140069
ABSTRAK
Indonesia memiliki 1000 suku yang berbeda, namun terdapat sebuah mitos sosial di kalangan kaum perempuan, terutama di kalangan remaja putri, bahwa mereka yang memiliki warna kulit lebih putih dianggap lebih berpotensi untuk sukses dibanding mereka yang memiliki warna kulit yang lebih gelap. Sebagai konsekuensinya, banyak remaja putri berkulit lebih gelap yang merasa ketidak-percayaan diri yang menyebabkan mereka tidak bisa mengekspresikan diri mereka seutuhnya. Oleh karena itu Clean & Clear mengeluarkan kampanye “Bangga Dengan Warna Kulitmu” di media sosial Youtube. Kampanye “Bangga Dengan Warna Kulitmu” bertujuan untuk mendorong remaja perempuan dari seluruh pelosok negeri untuk tampil percaya diri dan menerima keberagaman warna kulit alami yang cerah, tak peduli apapun warna kulit mereka. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis startegi pemerintah kota Bandung dalam melaksanakan kampanye tersebut sehingga penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Clean & Clear Menggunakan Kampanye Bangga Dengan Warna Kulitmu pada Media Sosial Youtube Periode Bulan Agustus 2017 – November 2017”. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran Clean & Clear untuk melaksanakan kampanye “Bangga Dengan warna Kulitmu” melalui media sosial Youtube.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dikarenakan penulis ingin mengetahui sebuah penjabaran yang dilakukan Clean & Clear dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran untuk melaksanakan kampanye “Bangga Dengan Warna Kulitmu”. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Clean & Clear melalui kampanye pada media sosial Youtube sudah sesuai dan berhasil.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Kampanye, Media Sosial