Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantong-kantong udara kecil pada paru- paru membengkak serta dipenuhi cairan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Balita dan bayi berusia dibawah 2 tahun merupakan salah satu golongan usia yang sering ditemukan mengidap pneunomia. Menurut penelitian sebelumnya, diperlukan peran ibu untuk memahami Pneumonia agar dapat menanggulangi pneumonia pada balita. Penelitian ini betujuan untuk mendesain sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran ibu terhadap penyakit Pneumonia. Penelitian ini menggunakan Facet Model of Effect untuk perancangan kampanye serta AOI sebagai pertimbangan strategi kreatifnya. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan yang mengarahkan Ibu untuk mencegah penumonia pada balita dengan rumah sehat berventilasi. Visualisasi kampanye dilakukan dengan penggunaan warna hitam, abu-abu, putih dan merah yang memberikan kesan ajakan tegas. Event, poster, media cetak dan jejaring sosial digunakan sebagai pendukung kampanye ini.
Kata Kunci : Kampanye,Pneumonia, Balita