Mengetahui pelanggan potensial yang sesuai dengan target pemasaran, akan membantu
perusahaan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dalam proses peluncuran produk
VOLTE, PT. Telkomsel memerlukan strategi promosi yang tepat sasaran kepada siapa saja
hendaknya SMS promosi diberikan. Dari 5.4 juta pelanggan dengan Handset VOLTE ready,
hendak ditentukan berapa jumlah pelanggan yang layak untuk mendapatkan promosi Voice
over Long-Term Evolution (VoLTE) sehingga tercapai penghematan biaya promosi bagi
perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi perilaku pembelian pelanggan
berdasarkan data pelanggan PT. Telkomsel dan menentukan segmentasi pelanggan potensial
terkait dengan penggunaan (VoLTE) di PT. Telkomsel. Untuk selanjutnya hasil dari eksplorasi
data ini akan digunakan oleh PT. Telkomsel sebagai pertimbangan pemberian promosi kepada
pelanggannya.
Melalui metode analisis Model Recency, Frequency, Monetary (RFM), pelanggan
kemudian dikelompokkan menggunakan algoritma K-means. Data RFM dipetakan dari data
billing pelanggan yang memuat MSISDN, lastvoicecall sebagai Recency, trxvoiceavg
sebagai Frequency dan revvoiceavg sebagai Monetary. Sebelum dilakukan pengelompokan
dengan K-Means, data terlebih dahulu dikelompokkan berdasarkan tipe Handset pelanggan.
Yaitu Handset VOLTE ready dan Non VOLTE Handset.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cluster pelanggan bisa dibentuk dengan cara yang
berbeda berdasarkan perilaku pembeli. Pola perilaku pelanggan Telkomsel bisa diidentifikasi
dengan menggunakan metode RFM dan algoritma K-Means clustering. Berdasarkan variabel
Handset type, Recency, Frequecny dan Monetary, profil pelanggan Telkomsel bisa dibedakan
satu dengan yang lainnya. Setiap pelanggan mempunyai profil yang berbeda. Dari 10.000 data
nomor pelanggan yang diberikan oleh PT. Telkomsel, ditemukan 11 segmen yang berbeda,
yaitu High Volte, Medium Volte, Normal Volte, Low Volte, Very Low Volte, High NonVolte,
Medium NonVolte, Normal NonVolte, Low NonVolte, Very Low NonVolte dan Null data
Berdasarkan hasil penelitian, maka metode penelitian ini bisa digunakan oleh PT.
Telkomsel sebagai cara memilih pelanggan mana yang layak untuk diberikan promosi VOLTE.
Penggunaan algoritma cluster yang lain dan permintaan data tambahan dari Pt. Telkomsel
disarankan untuk penelitian berikutnya.
Kata Kunci : Recency, Frequency, Monetary, RFM, K-Means