Shopee merupakan toko online (e-commerce) di bawah naungan SEA Group yang menjadi pendatang baru untuk tiga tahun terakhir dan meramaikan industri e-Commerce. Shopee adalah sebuah marketplace yang menjalankan bisnis C2C (Customer to Customer) dimana memungkinkan pelanggannya untuk membeli maupun menjual barang atau jual beli dengan berbagai macam produk seperti elektronik, kesehatan, kecantikan, fashion, hingga kebutuhan sehari-hari. Meskipun Shopee berfokus pada aplikasi mobile namun Shopee juga dapat diakses melalui perangkat komputer di Shopee.co.id.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari e-service quality terhadap minat beli pengunjung toko online Shopee.co.id. Dalam penelitian ini dimensi yang digunakan mengacu pada Lee dan Lin (2005) yaitu website design, reliability, responsiveness, trust, dan personalization.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah responden yaitu 400. Responden dalam penelitian ini adalah yang pernah mengunjungi toko online Shopee.co.id sehingga menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda serta pengujian hipotesis secara parsial maupun simultan.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa dimensi e-service quality yang meliputi website design, reliability, responsiveness, trust, dan personalization memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli secara simultan. Sedangkan jika secara parsial, dimensi reliability dan personalization tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada pengunjung toko online Shopee.co.id.
Kata Kunci: e-commerce, e-service quality, minat beli.