Cloud Gaming merupakan pengembangan dari teknologi Cloud Computing sebagai layanan GaaS ( Game as a Service ) dimana kita dapat bermain game menggunakan cloud tanpa harus melakukan instalasi game tersebut di computer kita. Cloud Gaming ini masih dalam tahap pengembangan oleh perusahan–perusahan game besar didunia karena dinilai akan sangat laku dipasaran dan teknologi yang ditunggu – tunggu.
Pada Tugas Akhir ini di implementasikan Cloud Gaming berbasis web browser menggunakan metode VNC ( Virtual Network Computing ). VNC ( Virtual Network Computing ) adalah suatu metode untuk menampilkan desktop dari computer server ke computer client dan client dapat memberikan inputan. Web Browser yang akan digunakan diantara lain Google Chrome dan Mozilla Firefox.
Dari hasil pengukuran data dan pengolahan data cloud gaming, pada web browser dapat mengurangi penggunaan CPU, RAM, dan VGA. Perbedaan terlihat signifikan pada VGA yang berkurang sebanyak 80% pada saat menggunakan sistem cloud gaming. Dengan sistem cloud gaming client dapat memainkan game yang melibihi spesifikasi dari kompeternya. Pada sistem cloud gaming yang menggunakan JSMPEG – VNC sebagai server ini dibutuhkan bandwidth minimum 6 Mb agar tidak terjadi lagging.
Kata kunci : Cloud gaming, JSMPEG – VNC, lagging.