Bisnis restoran di Indonesia kini semakin berkembang pesat setiap tahunnya. Pada tahun 2011 menurut Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, tercatat jumlah rata-rata perkembangan usaha restoran berskala menengah dan besar adalah sebanyak 2,977 restoran. Pertumbuhan dan perkembangan jumlah restoran yang kian meningkat setiap tahunnya membuat persaingan dalam bisnis restoran semakin kompetitif. Semua restoran berlomba-lomba untuk menawarkan servis terbaik dan dengan menu yang semakin bervariasi. Ketika ingin makan di sebuah restoran, konsumen biasanya memiliki berbagai macam pilihan dan kriteria. Agar bisa sukses dan tetap bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, sebuah restoran harus mampu memahami dan memenuhi ekspetasi dari konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi atribut fasilitas restoran yang menghasilkan customer value index tertinggi dan untuk mengetahui atribut mana yang merupakan value driver dari restoran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 389 responden pengunjung restoran. Teknik analisis data menggunakan Conjoint Analysis menggunakan perangkat lunak SPSS 24.
Berdasarkan hasil pengolahan data pada penelitian ini, ditemukan bahwa kartu profil empat mendapatkan nilai customer value index tertinggi. Dan kartu profil enam mendapatkan nilai customer value index terendah. Kartu profil empat menunjukan bahwa yang menjadi value driver pada penelitian ini adalah rating in food guides.