Analisis Persepsi Kualitas Layanan Internet Banking Menggunakan Text Network Analysis Pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pada Internet Banking BRI, Mandiri, BCA, dan BNI)

BIMA OKTAVIO PUTRA

Informasi Dasar

19.04.1653
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan penetrasi pengguna internet di Indonesia berdampak pada perubahan transaksi perbankan di Indonesia. Saat ini, transaksi perbankan digital telah mendominasi transaksi perbankan. Persentase transaksi perbankan dengan menggunakan Internet Banking salah satunya, menjadi salah satu delivery channel dengan jumlah transaksi yang paling tinggi. Empat Bank dengan jumlah aset terbesar yaitu Bank BRI, Mandiri, BCA, dan BNI juga memiliki jumlah transaksi Internet Banking yang besar saat ini. Keempat Bank tersebut perlu mengetahui kualitas layanan Internet Banking melalui customer feedback yang diungkapkan pada media sosial agar dapat bersaing dalam bisnis layanan ini. Perusahaan perlu melakukan analisis customer feedback melalui User Generated Content (UGC) pada media sosial untuk mengevaluasi persepsi kualitas layanannya. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan yang telah diberikan kepada para nasabah. Metode yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan metode Text Network Analysis berdasarkan dimensi E-S-QUAL. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan pengetahuan mengenai persepsi dominan layanan Internet Banking BRI dengan kata registrasi, layanan, dan blokir, Internet Banking Mandiri dengan layanan, ketidaknyamanan dan informasi, Internet Banking BCA dengan informasi, rekening, dan transfer, Internet Banking BNI dengan tipsamantransaksi, akses, dan password. Kualitas layanan pada dimensi efficiency, fulfilment, privacy, dan system availability pada umumnya sudah baik, hanya saja perlu ada peningkatan kualitas pada dimensi efficiency dan system availability agar dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi untuk para nasabah.

Kata Kunci: Internet Banking, Persepsi, Kualitas Layanan, Text Network Analysis, Analisis Sentimen

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

Analisis Persepsi Kualitas Layanan Internet Banking Menggunakan Text Network Analysis Pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pada Internet Banking BRI, Mandiri, BCA, dan BNI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMA OKTAVIO PUTRA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini